PENGARUH METODE STUDENT-CREATED CASE STUDIES DENGAN MEDIA TEKS TERPROGRAM TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 167 JAKARTA

Widiya Kurnia Ningrum, . (2016) PENGARUH METODE STUDENT-CREATED CASE STUDIES DENGAN MEDIA TEKS TERPROGRAM TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 167 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Widiya Kurnia Ningrum.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode pembelajaran student created case studies melalui media teks terprogram terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 167 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2015/2016, semester 2 pada bulan Februari di kelas VIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Prettest-Posttest Control Group Design. Uji homogenitas dilakukan dengan menggunakan uji Fisher. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh F hitung sebesar 1,26 dan F tabel sebesar 1,74 dengan dk = 35 ; 35 dan taraf signifikan α = 0,05. Maka dapat disimpulkan F hitung 1,26 < F tabel 1,74. Jadi, sampel yang digunakan dalam penelitian ini memiliki varians yang homogen. Uji normalitas dilakukan dengan menggunakan uji Liliefors. Hasil perhitungan uji normalitas postes eksperimen diperoleh L hitung sebesar 0,001109344 dan L tabel sebesar 0,14766667 dengan dengan dk = 36 dan taraf signifikan α = 0,05. Maka dapat disimpulkan L hitung 0,001109344 < L tabel 0,14766667. Jadi, sampel yang digunakan dalam postes eksperimen memiliki data yang berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji normalitas postes kontrol diperoleh L hitung sebesar -0,02613269 dan L tabel sebesar 0,14766667 dengan dengan dk = 36 dan taraf signifikan α = 0,05. Maka dapat disimpulkan L hitung -0,02613269 < L tabel 0,14766667. Jadi, sampel yang digunakan dalam postes kontrol juga memiliki data yang berdistribusi normal. Berdasarkan perhitungan uji-t, diperoleh T hitung sebesar 6,167 T tabel sebesar 1,994 dengan cara melihat tabel t pada dk = 70 dan taraf signifikan α = 0,05. Maka dapat disimpulkan T hitung 6,167 > T tabel 1,994. Jadi, dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak, artinya ada pengaruh metode student created case studies dengan media teks terprogram terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 167 Jakarta. Implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia, guru dapat menggunakan metode student created case studies melalui media teks terprogram pada Kurikulum 2013, dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi. Metode pembelajaran student created case studies melalui media teks terprogram membantu siswa memikirkan informasi yang baru diterima melalui membaca, dapat memperkuat kemampuan mengembangkan berbagai topic dan memberi motivasi kepada siswa untuk menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan. Saran yang dapat diberikan adalah pada saat penerapan metode student created case studies melalui media teks terprogram, guru bertindak sebagai motivator, memonitor, dan menstimulus siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung sehingga siswa memiliki rasa keingintahuan yang tinggi dan siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Edi Puryanto, M.Pd., ; 2). Siti Ansoriyah, M.Pd.,
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Sastra Indonesia
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2020 18:50
Last Modified: 17 Mar 2020 18:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5871

Actions (login required)

View Item View Item