ANALISIS MAKNA KANYOUKU YANG MENGGUNAKAN UNSUR KUBI DALAM BAHASA JEPANG

Viennona Restu Amadhea, . (2016) ANALISIS MAKNA KANYOUKU YANG MENGGUNAKAN UNSUR KUBI DALAM BAHASA JEPANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Abstract (eng).pdf

Download (87kB)
[img] Text
ABSTRAK, FORMAT, Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] Other
lembar pengesahan.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)

Abstract

Berbahasa atau menggunakan bahasa pada dasarnya adalah menggunakan makna. Setiap kata memiliki maknanya tersendiri. Akan tetapi tidak sedikit kata-kata yang memiliki lebih dari satu makna. Hal ini digunakan masyarakat untuk menyampaikan suatu makna tersembunyi didalamnya agar lawan bicara tidak merasa tersinggung. Salah satu caranya yaitu menggunakan idiom atau disebut kanyouku dalam bahasa Jepang. Kanyouku merupakan gabungan dua kata atau lebih yang memiliki arti tetap secara keseluruhan dan memiliki keterikatan sangat erat satu sama lainnya. Mereka membutuhkan suatu cara pengekpresian yang tepat agar tetap menjaga hubungan dalam bersosialisasi dengan sesamanya. Karena kanyouku memiliki makna tersendiri, jika tidak memiliki pengetahuan tentang kanyouku maka dapat terjadi kesalahpahaman dalam komunikasi. Dalam linguistik, banyak kanyouku yang terbentuk dari anggota tubuh, salah satunya yang menggunakan kata leher atau kubi. Kanyouku memiliki makna leksikal dan makna idiomatikal di dalamnya. Kanyouku yang memiliki dua makna tersebut, memiliki hubungan antara leksikal dan makna idiomatikalnya. Data dalam penelitian ini adalah kanyouku yang terdapat dalam buku Gakushuu Manga Omoshiroi Kotoba Jiten (Kanyouku), Kotowaza Kanyouku Omoshiroi Jiten, Sanseido Jitsuyou Kanyouku no Jiten, Reikai Kanyouku Jiten, Daijisen, Karada Kotoba Jiten, Koujien, Kokugo Chuu Jiten, beberapa situs internet seperti http://kotowaza-allguide.com/, https://kotobank.jp, http://weblio.jp/, http://dictionary.goo.ne.jp/, http://yourei.jp dan juga situs berita Jepang yaitu situs-situs internet yaitu http://www.asahi.com dan http://www.nikkan-gendai.com. Penulis mengumpulkan data-data dari sumber-sumber tersebut lalu menganalisis makna leksikal dan makna idiomatikalnya, hubungan antara makna leksikal dan makna idiomatikal dengan menggunakan tiga majas yaitu metafora, metonimi dan sinekdoke, serta klasifikasi berdasarkan makna pada kanyouku yang menggunakan kata kubi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi pustaka dengan menggunakan kartu data untuk mengelompokkan sesuai dengan sumber data. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu teknik analisis deskriptif. Dari sumber data, penulis menemukan 40 kanyouku yang menggunakan unsur kubi. Berdasarkan penelitian, penulis menjabarkan analisis makna leksikal dan idiomatikalnya, hubungan antara makna leksikal dan makna idiomatikalnya, dengan menggunakan tiga majas, yaitu 14 kanyouku yang mengalami perluasa makna secara metafora, 23 kanyouku yang mengalami peluasan makna secara metonimi, dan 3 kanyouku yang mengalami perluasan secara sinekdoke. serta menurut klasifikasi berdasarkan makna, terdapat tujuh kanyouku termasuk dalam klasifikasi kankaku, kanjou wo arawasu kanyouku; satu kanyouku termasuk dalam klasifikasi karada, seikaku, teido wo arawasu kanyouku; enam belas kanyouku termasuk dalam klasifikasi koui, dousa, koudou wo arawasu kanyouku; satu kanyouku termasuk dalam klasifikasi joutai, teido, kachi wo arawasu kanyouku; dan lima belas kanyouku termasuk dalam klasifikasi shakai, bunka wo arawasu kanyouku.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yuniarsih, M.Hum., M.Ed. ; 2). Tia Ristiawati, M.Hum.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 17 Mar 2020 21:58
Last Modified: 17 Mar 2020 21:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5880

Actions (login required)

View Item View Item