UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI DI KELAS XI IPS 1 SMA DIPONEGORO 1 JAKARTA

MUHAMAD IRFANY ANANDA, . (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI DI KELAS XI IPS 1 SMA DIPONEGORO 1 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (923kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (969kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran jigsaw berbantuan geogebra di kelas XI IPS 1 pada pokok bahasan transformasi geometri. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan enam indikator kemampuan pemahaman konsep matematis, yaitu menyatakan ulang konsep, mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya, memberikan contoh dan bukan contoh dari suatu konsep, kemampuan menyajikan konsep dalam berbagai macam bentuk representasi matematika, menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu, dan kemampuan mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perancanaan, pelaksanaan, analisis, dan refleksi. Setiap siklus kegiatan pembelajaran menerapakan model pembelajaran jigsaw berbantuan geogebra. Terdapat enam subjek penelitian yaitu dua siswa yang memiliki kemampuan akademik tinggi, dua siswa yang memiliki kemampuan akademik sedang, dan dua siswa yang memiliki kemampuan akademik rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dengan validasi data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis yang dialami oleh siswa kelas XI IPS 1 SMA Diponegoro 1 Jakarta setelah dilakukannya penerapan model pembelajaran jigsaw berbantuan geogebra. Pernyataan tersebut berdasarkan hasil yang didapatkan setiap akhir siklus. Rata-rata nilai tes akhir kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas XI IPS 1 pada siklus I adalah 64,4, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 65,9, dan pada siklus III meningkat menjadi 75,7. Kemudian persentase siswa yang sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal pada siklus I hanya 32%, pada siklus II menigkat menjadi 44%, dan pada siklus III semakin meningkat menjadi 80%. Kata kunci: Pemahaman Konsep Matematis, Model Pembelajaran Jigsaw, GeoGebra. ABSTRACT MUHAMMAD IRFANY ANANDA. Efforts to Improve the Abbility to Understand Mathematical Concepts With The Geogebra Assisted Jigsaw Learning Models On Geometry Transfromation Material in Class XI IPS 1 SMA Diponegoro 1 Jakarta. Thesis. Jakarta: Mathematics Education Study Program, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Jakarta State University, 2020. This Study aims to improve students understanding of mathematical concepts through the application of geogebra assisted jigsaw learning models in class XI IPS 1 on the subject of Geometri Transformation. In this study, researchers used six indicators of understanding the abbility of mathematical concepts, which is to restate the concept, classify objects according to certain properties according to the concept, give examples and not examples of concepts, the abbility to present concepts in various forms of mathematical representation, used, utilize and chose certain procedures or operations, and the abbility to apply concepts or problem solving algorithms. This Study is a Classroom Action Research (CAR) conducted in three cycles. Each cycle consists of four stages, namely planning, implementing, analyzing, and reflecting. Each learning activity cycle implements a geogebra assisted jigsaw learning model. There are six research subjects, namely two students who have high academic understanding abbility, two students who have moderate academic understanding abbility, and two students who have low academic understanding abbility. Data Collection techniques used in this study were observation, tests, and interviews. The data obtained were analyzed qualitatively with data validation used data triangulation techniques. The results showed that, there is an increase in the abbility to understand mathematical concepts experienced by students of class XI IPS 1 SMA Diponegoro 1 Jakarta after the implementation of the learning model of jigsaw assisted by geogebra. The statement is based on the results obtained at the end of the cycle. The average final test score on the abbility to understand mathematical concepts of students of class XI IPS 2 in cycle I was 64,4, then in the second cycle increased to 65,9, and in the cycle III it increased to 75,7. Then the percentage of students who met the minimum completeness criteria in cycle I was only 32%, in cycle II it increased to 44%, and in cycle III it increased to 80% Keywords: Understanding of mathematical concepts, Jigsaw Learning Model, GeoGebra

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Makmuri, M.Si. ; 2) Dr. Lukman El Hakim, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 514 not found.
Date Deposited: 17 Apr 2020 13:06
Last Modified: 17 Apr 2020 13:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5882

Actions (login required)

View Item View Item