ANALISIS PENGELOLAAN FASILITAS KANTOR DALAM MENDUKUNG KEGIATAN RAPAT DI PT X

AMANDA AZHARI, . (2025) ANALISIS PENGELOLAAN FASILITAS KANTOR DALAM MENDUKUNG KEGIATAN RAPAT DI PT X. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover_Amanda Azhari.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I (Chapter 1).pdf

Download (592kB)
[img] Text
BAB II (Chapter 2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III (Chapter 3).pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV (Chapter 4).pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V (Chapter 5).pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka (Bibliography).pdf

Download (349kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengelolaan fasilitas kantor dalam mendukung kegiatan rapat di PT X, mengetahui proses sistem reservasi rapat yang digunakan oleh PT X, dan menganalisis solusi yang dapat diterapkan untuk mengoptimalkan penggunaan sistem reservasi rapat dalam menjawab kebutuhan rapat mendadak di PT X. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang berfokus pada peristiwa aktual. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini merupakan karyawan PT X yang terlibat langsung sebagai pengelola maupun pengguna dalam pengelolaan fasilitas kantor di PT X. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa proses pengelolaan fasilitas kantor dalam mendukung kegiatan rapat di PT X telah dilakukan secara sistematis. Proses tersebut meliputi, tahapan perencanaan, pengadaan, dan pemeliharaan. Sistem reservasi rapat yang digunakan PT X melalui aplikasi Meetpoint telah memudahkan pemesanan ruang secara administratif, dengan alur yang jelas. Namun, dalam pelaksanaannya masih terdapat kendala dalam mengakomodasi rapat mendadak, berupa kurangnya ruang rapat yang tersedia dan sistem reservasi yang tidak fleksibel. Dari kendala tersebut, terdapat beberapa solusi yaitu, menciptakan ruang khusus untuk pertemuan mendadak, menambahkan fitur pembatalan otomatis pada sistem Meetpoint, dan membuat kebijakan yang membatasi lama reservasi. **** This research aims to find out how the process of managing office facilities in supporting meeting activities at PT X, find out the meeting reservation system process used by PT X, and analyze solutions that can be applied to optimize the use of the meeting reservation system in answering the needs of sudden meetings at PT X. This research uses a qualitative research method with a descriptive approach that focuses on actual events. The data collection techniques used in this research are observation, interview, and documentation. The informants in this research are PT X employees who are directly involved as managers and users in managing office facilities at PT X. Based on the research results, it can be seen that the process of managing office facilities in supporting meeting activities at PT X has been carried out systematically. The process includes planning, procurement, and maintenance stages. The meeting reservation system used by PT X through the Meetpoint application has made it easier to book space administratively, with a clear flow. However, in its implementation there are still obstacles in accommodating sudden meetings, in the form of a lack of available meeting rooms and an inflexible reservation system. From these obstacles, there are several solutions, namely, creating a special room for unannounced meetings, adding an automatic cancellation feature to the Meetpoint system, and making policies that limit the length of reservations.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Puji Wahono, S.E., M.Si. ; 2). Rizki Firdausi Rachmadania S.E., M.SM.
Subjects: Manajemen > Manajemen Kantor, Organisasi
Divisions: FE > D IV Administrasi Perkantoran Digital
Depositing User: Amanda Azhari .
Date Deposited: 07 Aug 2025 10:08
Last Modified: 11 Aug 2025 06:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58905

Actions (login required)

View Item View Item