DARMIN DAFID, . (2025) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS LABORATORIUM DAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH ALJABAR LINEAR. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
|
Text
1. COVER REVISI.pdf Download (705kB) |
|
|
Text
2. BAB I.pdf Download (402kB) |
|
|
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) | Request a copy |
|
|
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) | Request a copy |
|
|
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (715kB) | Request a copy |
|
|
Text
6. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) | Request a copy |
|
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (282kB) |
|
|
Text
8. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text
LEMBAR PERNYTAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (67kB) |
|
|
Text
SURAT ORISINILATIAS ASLI.pdf Download (68kB) |
Abstract
Strategi pembelajaran dengan menekankan pada penggunaan media ini memainkan peranan yang sangat penting dalam menentukan kualitas pembelajaran, mulai dari tahapan perencanaan hingga pada tahapan evaluasi hasil pembelajaran khususnya pembelajaran matematika pada pendidikan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan selisih rata-rata pembelajaran berbasis laboratorium lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) dan strategi pembelajaran DI (Direct Instruction), baik pada peserta didik yang memiliki kecerdasan logis matematis rendah maupun pada peserta didik yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi. Metode Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen 3×2 treatmen by level dengan tiga tingkat kualifikasi variabel bebas: strategi pembelajaran berbasis laboratorium, strategi pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education), dan strategi pembelajaran DI (Direct Instruction). Hasil penelitian ini adalah Perbedaan hasil belajar mata kuliah aljabar linear antara mahasiswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran berbasis laboratorium dengan mahasiswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran DI (Direct Instruction), dan yang diajarkan menggunakan strategi pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education). Nilai selisih rata-rata (mean Difference) pembelajaran berbasis laboratorium lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) dan strategi pembelajaran DI (Direct Instruction). Aljabar Linera pada peserta didik dengan kecerdasan logis matematis tinggi dan rendah. Hal ini sejalan dengan penjelasan bahwa orang yang berilmu akan lebih mudah menerima atau memahami pelajaran. Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar aljabar linear. Berdasarkan hasil penelitian dijelaskan bahwa antara strategi pembelajaran dengan kecerdasan logis matematis merupakan suatu bentuk interaksi atau pengaruh strategi pembelajaran dan kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar mata kuliah aljabar linier atau sebaliknya. ***** Learning strategies that emphasize the use of media play a very important role in determining the quality of learning, starting from the planning stage to the evaluation stage of learning outcomes, especially mathematics learning in higher education. This study aims to analyze the difference in the mean difference that laboratory-based learning is higher than the RME (Realistic Mathematics Education) learning strategy and DI (Direct Instruction) learning strategy. Methods This research uses quantitative research with experimental methods is 3×2 treatment by level with three levels of qualification of independent variables: laboratory-based learning strategies, RME (Realistic Mathematics Education) learning strategies, and DI (Direct Instruction) strategies. The results of this research are Differences in learning outcomes for linear algebra courses between students who are taught using laboratory-based learning strategies and students who are trained using DL (Direct Learning) learning strategies, and those prepared using RME (Realistic Mathematics Education) learning strategies. The average difference value (mean difference) that laboratory-based learning is higher than the RME (Realistic Mathematics Education) learning strategy and DI (Direct Instruction) learning strategy. Linear algebra on students with high and low mathematical and logical intelligence. This is in line with the explanation that knowledgeable people will more readily accept or understand lessons. There is an interaction between learning strategies and logical mathematical intelligence on linear algebra learning outcomes. Based on the study results, it is explained that the collaboration between learning strategies and logical-mathematical intelligence is a form of interaction or influence of learning strategies on learning outcomes of linear algebra courses on mathematical, logical intelligence, or vice versa.
| Item Type: | Thesis (Doktor) |
|---|---|
| Additional Information: | 1). Prof. Dr. Robinson Situmorang, M.Pd. 2). Dr. Makmuri, M.Si |
| Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Tinggi, Universitas |
| Divisions: | PASCASARJANA > S3 Teknologi Pendidikan |
| Depositing User: | DARMIN DAFID . |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 02:57 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 02:57 |
| URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58909 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
