WIJAYA SAPUTRA, . (2025) PENGEMBANGAN E-JOBSHEET BERBASIS UNITY PADA MATA PELAJARAN PRAKTIK PEMESINAN BUBUT DI SMK HS AGUNG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (786kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (804kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (878kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (662kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (668kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kurangnya pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran pada bidang pendidikan menjadi salah satu masalah dalam era industri 4.0 yang menggabungkan antara teknologi dan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi Android sebagai media pembelajaran praktik pemesinan bubut dan untuk mengetahui kelayakan aplikasi EJ-Bubut untuk dijadikan media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan respon peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan adalah 4D yaitu, Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Validasi dilakukan oleh satu ahli materi dan satu ahli media. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 33 peserta didik Fase F jurusan Teknik Pemesinan di SMK HS Agung. Hasil penelitian berdasarkan penilaian ahli materi, media pembelajaran ini memperoleh nilai sebesar 69 jika dipersentasekan, hasil validasi ahli materi memperoleh persentase sebesar 92% sehingga masuk dalam kategori “Sangat Layak”. Sedangkan berdasarkan penilaian ahli media, media pembelajaran ini memperoleh nilai sebesar 50 jika dipersentasekan, hasil validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 83,3% sehingga masuk dalam kategori “Sangat Layak”. kemudian respon 33 siswa terhadap media pembelajaran ini saat diuji coba menunjukkan hasil yang baik dengan rata rata persentase keseluruhan sebesar 90% dengan kategori “Sangat Layak”. Selain itu, hasil validasi uji coba dari salah satu perwakilan peserta didik, media pembelajaran ini memperoleh nilai sebesar 58, jika di persentasekan, hasil validasi ujicoba perwakilan peserta didik mendapat nilai sebesar 89,2% dengan kategori “Sangat Layak”. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi EJ-Bubut yang dikembangkan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut di SMK HS Agung telah memenuhi kriteria kelayakan dan dapat diterapkan. Pengembangan aplikasi EJ-Bubut dapat dikembangkan lebih lanjut tentunya dengan menambahkan teknologi Artificial Intelligent (AI) agar lebih interaktif untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Kata Kunci : Aplikasi EJ-Bubut, Media Pembelajaran, 4D ***** The lack of utilization of technology as a learning media in the field of education is one of the problems in the industrial era 4.0 which combines technology and education. This study aims to develop Android application-based learning media as a learning medium for lathe machining practice and to determine the feasibility of the EJ-But application to be used as learning media based on the assessment of material experts, media experts, and student responses. This research is a development research or Research and Development (R&D) with the development model used is 4D, namely, Define, Design, Development, and Disseminate. Validation was carried out by one material expert and one media expert. The developed media was tested on 33 Phase F students majoring in Mechanical Engineering at SMK HS Agung. The results of the study based on the assessment of the material expert, this learning media obtained a score of 69 when percented, the results of the material expert validation obtained a percentage of 92% so that it fell into the “Very Feasible” category. Meanwhile, based on the assessment of media experts, this learning media obtained a score of 50 when percented, the results of media expert validation obtained a percentage of 83.3% so that it fell into the “Very Feasible” category. then 33 students' responses to this learning media when tested showed good results with an average overall percentage of 90% in the “Very Feasible” category. In addition, the results of the trial validation from one of the student representatives, this learning media obtained a score of 58, if percented, the results of the validation of the trial of the student representatives received a score of 89.2% with the category “Very Feasible”. It can be concluded that the EJ-But application developed as a learning media in the Lathe Machining Engineering subject at SMK HS Agung has met the eligibility criteria and can be applied. The development of the EJ-But application can be further developed of course by adding Artificial Intelligent (AI) technology to make it more interactive to increase the effectiveness of learning. Keywords: EJ-Bubut Application, Learning Media, 4D
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Hj. Zulfiati Syahrial, M.Pd. ; 2). Hari Din Nugraha, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Wijaya Saputra . |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 06:22 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 06:22 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58970 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |