PENGARUH SISTEM QUICK GEAR SHIFTER TERHADAP PERFORMA PADA SEPEDA MOTOR TIPE KOPLING MANUAL TRANSMISI 5 PERCEPATAN

GALIH TYAS WIRAYUDHA, . (2025) PENGARUH SISTEM QUICK GEAR SHIFTER TERHADAP PERFORMA PADA SEPEDA MOTOR TIPE KOPLING MANUAL TRANSMISI 5 PERCEPATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (860kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (715kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (726kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penurunan rpm saat perpindahan gigi pada sepeda motor kopling manual dengan transmisi konvensional dapat menyebabkan penurunan torsi, daya, kecepatan rata-rata. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh yang dihasilkan sistem Quick Gear Shifter (QGS) terhadap sepeda motor kopling manual trasnmisi 5 percepatan .Metode yang digunakan adalah eksperimen, yaitu dengan membandingkan dan menganalisis pengaruh performa sepeda motor sebelum dan sesudah dipasang sistem QGS melalui uji lintasan 200 meter dan Dyno Test. Hasil menunjukkan bahwa QGS mampu meningkatkan akselerasi, torsi, dan daya secara signifikan, sekaligus mengurangi waktu tempuh dan penurunan RPM saat perpindahan gigi. Dengan demikian, QGS terbukti memberikan pengaruh yang signifikan terhadap sepeda motor tipe kopling manual transmisi 5 percepatan*****The decrease in rpm when shifting gears on a manual clutch motorcycle with a conventional transmission can cause a decrease in torque, power, and average speed. This study aims to test the effect of the Quick Gear Shifter (QGS) system on a 5-speed manual clutch motorcycle. The method used is experimental, namely by comparing and analyzing the effect of motorcycle performance before and after the QGS system is installed through a 200-meter track test and Dyno Test. The results show that QGS is able to significantly increase acceleration, torque, and power, while reducing travel time and RPM drops when shifting gears. Thus, QGS is proven to have a significant effect on a 5-speed manual clutch motorcycle.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Darwin Rio Budi Syaka, M.T. ; 2). Drs. Sirojuddin, M.T.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Galih Tyas Wirayudha .
Date Deposited: 08 Aug 2025 03:07
Last Modified: 08 Aug 2025 03:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58996

Actions (login required)

View Item View Item