PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP MINAT PADA STUDI LANJUT SISWA KELAS XII DI SMA SANDIKTA BEKASI

ADHANI SULISTYOWATI, . (2016) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP MINAT PADA STUDI LANJUT SISWA KELAS XII DI SMA SANDIKTA BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi _ Adhani S _ NIM 8105120480.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh motivasi belajar dan status sosial ekonomi terhadap minat pada studi lanjut siswa kelas XII di SMA Sandikta Bekasi. Penelitian ini dilakukan terhitung mulai bulan Maret sampai bulan Mei 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan karelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII di SMA Sandikta Bekasi yang berjumlah 214 siswa. Dan sampel yang diambil sebanyak 135 siswa dengan menggunakan teknik acak proporsional (proportional random sampling). Data variabel X1(Motivasi Belajar) didapat dari hasil pengisian instrumen penelitian berupa kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Data (Status Sosial Ekonomi) dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang didapat dari data sekolah. Sedangkan data variabel Y (Minat pada Studi Lanjut) didapat dari hasil pengisian instrumen penelitian berupa kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Data tersebut kemudian diuji validitas dan realibilitas, lalu analisis melalui teknik regresi berganda serta uji asumsi klasik. Hipotesis diuji dengan signifikan pada 0,05 margin of error menggunakan t-test dan analisis varians (ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan status sosial ekonomi terhadap minat pada studi lanjut siswa dengan persamaan regresi Ŷ = 31,603 + 0,278X1 + 2,641X2. Dari hasil analisa data, diperoleh Fhitung adalah 78,418 > Ftabel 3,060. Ini berarti bahwa hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan status sosial ekonomi terhadap minat pada studi lanjut siswa diterima. Sementara itu, koefisien determinasi untuk R2 adalah 54,3% sedangkan sisanya 45,7 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr Dedi Purwana, ES., M.Bus, ; 2). Osly Usman SE., M.Bus., Mgt
Subjects: Ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 18 Mar 2020 14:42
Last Modified: 18 Mar 2020 14:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5904

Actions (login required)

View Item View Item