AYU DIAH RUKMANA, . (2025) MODEL PERMAINAN GERAK DASAR LOKOMOTOR PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (923kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (294kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (675kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (857kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Latar Belakang: Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah Dasar sering menghadapi tantangan signifikan berupa kurangnya inovasi metode pembelajaran, yang berakibat pada siswa yang bosan, kurang antusias, pasif, dan akhirnya rendahnya minat belajar serta pencapaian keterampilan gerak dasar. Observasi menunjukkan bahwa banyak siswa sekolah dasar masih memiliki kemampuan motorik fundamental yang kurang, berdampak pada kualitas gerak harian dan potensi penurunan daya tahan tubuh. Permasalahan ini diperparah oleh keterbatasan sarana dan prasarana sekolah, terutama di SDN Cikiwul IV yang berlokasi di lingkungan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantar Gebang, serta siswa yang kelelahan akibat membantu orang tua setelah jam sekolah. Kondisi ini menghambat terciptanya suasana belajar yang menyenangkan dan kondusif. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesenjangan tersebut melalui pengembangan model pembelajaran gerak dasar lokomotor dengan pendekatan bermain. Secara spesifik, penelitian ini berupaya: (1) Menguji tingkat kelayakan model pembelajaran gerak dasar lokomotor berbasis permainan pada siswa kelas IV, V, dan VI Sekolah Dasar. (2) Mengetahui efektivitas model pembelajaran gerak dasar lokomotor berbasis permainan terhadap siswa kelas IV, V, dan VI Sekolah Dasar. Metodologi: Penelitian ini mengadopsi metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV, V, dan VI SDN Cikiwul IV, Bantar Gebang, Kota Bekasi. Hasil dan Kontribusi: Model permainan yang dikembangkan telah dinyatakan layak berdasarkan validasi ahli dengan Derajat Pencapaian (DP) sebesar 79% (kategori "Layak"). Hasil uji coba pada 70 siswa menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan pada keterampilan gerak dasar lokomotor siswa (berjalan, berlari, dan melompat) (p-value < 0.05 untuk semua keterampilan). Selain itu, terdapat peningkatan motivasi dan partisipasi aktif mereka dalam pembelajaran PJOK (mayoritas besar 94,5% siswa sangat suka atau suka belajar melalui permainan). Model ini juga berkontribusi signifikan pada pembentukan karakter siswa seperti kerja sama, disiplin, dan kreativitas (DP 93%). Salah satu kontribusi unik penelitian ini adalah pemanfaatan inovatif bahan daur ulang plastik sebagai alat/sumber belajar gerak dasar lokomotor, yang menjadi solusi kreatif untuk mengatasi keterbatasan sarana. Kata Kunci: Model Permainan, Gerak Dasar Lokomotor, Permainan Tradisional, Siswa Sekolah Dasar, ADDIE.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dr. Oman Unju Subandi, M.Pd. 2. Prof. Dr. Samsudin, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Jasmani |
Depositing User: | AYU DIAH RUKMANA . |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 06:51 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 06:51 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59114 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |