PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMKN 8 JAKARTA PADA TAHUN AJARAN 2015/2016

AFNAN AKMALIA, . (2016) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMKN 8 JAKARTA PADA TAHUN AJARAN 2015/2016. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Afnan Akmalia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orangtua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 8 Jakarta, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen, pengamatan dan kuesioner. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMK Negeri 8 Jakarta yang berjumlah 103 orang siswa dengan sampel 82 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh secara parsial antara persepsi siswa tentang perhatian orangtua dengan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 2,977 lebih besar dari ttabel sebesar 1,990. Motivasi belajar secara parsial juga terdapat pengaruh terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 2,807 lebih besar dari ttabel sebesar 1,990. Secara simultan ada pengaruh antara persepsi siswa tentang perhatian orangtua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 19,604 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,110. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang perhatian orangtua dan motivasi belajar dengan hasil belajar dengan koefisien korelasi ganda 0,576 dengan demikian, hipotesis penelitian diterima, selanjutnya diketahui koefisien determinasi (R2) sebesar 33,2%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra Sri Zulaihati, M.Si, ; 2). Achmad Fauzi, S.Pd, M.Ak,
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 18 Mar 2020 18:52
Last Modified: 18 Mar 2020 18:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5918

Actions (login required)

View Item View Item