PENGARUH KREATIVITAS BERPIKIR, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 62 JAKARTA

AJI HASTOMO JATI, . (2016) PENGARUH KREATIVITAS BERPIKIR, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 62 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI AJI HASTOMO JATI_8105127987.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui , pengaruh kreativitas berpikir, dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 62 Jakarta, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode metode ex post de facto dengan pendekatan kausal yang menggunakan data primer (variable eksogen dan variable endogen). Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas x iis yang memenuhi kriteria berjumlah 108 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis, uji asumsi klasik, regresi berganda dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara kreativitas berpikir dengan hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel atau 4,380 > 1,983 dengan angka signifikansi 0,000 sehingga kreativitas berpikir memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel atau 4,990 > 1,983 dengan angka signifikansi 0,000 sehingga motivasi belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Secara simultan, terdapat pengaruh antara kreativitas berpikir dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai Fhitung > Ftabel (20,043 > 3,08) dengan nilai signifikansi 0,000 sehingga kreativitas berpikir dan motivasi belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hubungan yang dimiliki tergolong sedang dengan koefisien sebesar 0, 526 dan pengaruh kreativitas berpikir dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di sma negeri 62 Jakarta sebesar 27,6%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. I Ketut R. Sudiardhita, M.Si ; 2). Dra. Rd. Tuty Sariwulan, M.Si
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 18 Mar 2020 21:42
Last Modified: 18 Mar 2020 21:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5931

Actions (login required)

View Item View Item