ANALISIS EFEKTIVITAS DAN KONTRIBUSI PENGELOLAAN PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK (PNBP) PADA DIREKTORAT PENYELESAIAN SENGKETA LINGKUNGAN HIDUP (PSLH) - KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN (KLHK)

AUDIE FEBRIANI, . (2025) ANALISIS EFEKTIVITAS DAN KONTRIBUSI PENGELOLAAN PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK (PNBP) PADA DIREKTORAT PENYELESAIAN SENGKETA LINGKUNGAN HIDUP (PSLH) - KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN (KLHK). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (750kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Efektivitas dan Kontribusi Pengelolaan PNBP di Direktorat PSLH Periode 2019-2023. Selain itu, penelitian ini untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan PNBP di periode 2019-2023, serta strategi optimalisasi pengelolaan PNBP untuk masa depan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis deskriptif kuantitatif yang memanfaatkan data sekunder dan dikonfirmasi melalui hasil wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas PNBP di Direktorat PSLH secara rata-rata periode tahun 2019-2023 sebesar 68,90% yang tergolong dalam kriteria “Kurang Efektif” karena dipengaruhi oleh kondisi yang fluktuatif. Tingkat kontribusi sumber Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di Direktorat PSLH pada periode 2019-2023 secara rata-rata yang memiliki kontribusi dominan dalam realisasi PNBP adalah yang bersumber dari Subdirektorat Luar Pengadilan (LP) sebesar 56,32% dengan kriteria “Sangat Baik”. Sedangkan, sumber PNBP yang berasal dari Subdirektorat Melalui Pengadilan (MP) memiliki kontribusi rata-rata sebesar 43,68% yang berarti dalam kriteria “Baik”. Faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan PNBP di Direktorat PSLH periode 2019-2023 terdiri dari internal dan eksternal. Faktor pendukung secara internal meliputi kinerja unit pelaksana yang aktif, kompetensi SDM yang cekatan, dan dukungan anggaran operasional. Secara eksternal, didukung oleh kepatuhan wajib bayar dan kooperatif pelaku usaha. Faktor penghambat secara internal meliputi belum terintegrasinya sistem dan beban kerja yang tinggi, sedangkan secara eksternal adalah peristiwa pandemi Covid-19. Strategi yang disarankan untuk optimalisasi pengelolaan PNBP di masa depan mencakup penyusunan SOP penyelesaian sengketa, pengembangan sistem aplikasi internal, penambahan SDM sesuai kebutuhan, dan pembentukan tim kerja khusus melalui Surat Keputusan (SK) formal. ***** This study aims to analyze the Effectiveness and Contribution of PNBP Management at the Directorate PSLH fo the period 2019-2023. In addition, this study aims to determine the supporting and ihibiting factors in the management of PNBP in the period 2019-2023, as well as strategies for optimizing PNBP management for the future. This research uses a quantitative descriptive analysis method utilizes secondary data and confirmed through interviews as data collection techniques. The results showed that the effectiveness of PNBP at the Directorate of PSLH for the period 2019-2023 averaged 68.90% which was classified as “Less Effective” because affected by fluctuated condition. The level of contribution of Non-Tax State Revenue (PNBP) sources at the Directorate of PSLH in the period 2019-2023 on average which has a dominant contribution in the realization of PNBP is that sourced from Subdirectorate of Outside the Court (LP) of 56.32% with the “Very Good” criteria. Meanwhile, PNBP sources originating from Subdirectorate of Through the Court (MP) have an average contribution of 43.68% which means they are in the “Good” criteria. Supporting and inhibiting factors in the management of PNBP at the Directorate of PSLH for the period 2019-2023 consist of internal and external. Internal supporting factors include the performance of an active implementation unit, the competence of skilled Human Resources, and operational budget support. Externally, it is supported by mandatory compliance and cooperative business actors. Internal inhibiting factors include the lack of integration system and high workload, while externally is occurance of Covid-19 pandemic. Suggested strategies for optimizing PNBP management in the future include the preparation of dispute resolution Standard Operating Procedure for dispute resolution, the development of an internal application system, the addition of human resources as needed, and the formation of a specific work team through a formal Decree (SK).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Tresno Ekajaya, S.E., M.Ak. ; 2). Hafifah Nasution, S.E., M.S.Ak.
Subjects: Ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce > Akuntansi
Ilmu Sosial > Keuangan Negara
Divisions: FE > D IV Akuntansi Sektor Publik
Depositing User: Audie Febriani .
Date Deposited: 11 Aug 2025 02:38
Last Modified: 11 Aug 2025 02:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59384

Actions (login required)

View Item View Item