HUBUNGAN ANTARA LOKUS KENDALI (LOCUS OF CONTROL) DENGAN KINERJA GURU DI SMK NEGERI 14 JAKARTA

ALEXANDER DYANAGUNG, . (2016) HUBUNGAN ANTARA LOKUS KENDALI (LOCUS OF CONTROL) DENGAN KINERJA GURU DI SMK NEGERI 14 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
JILID AS PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penetilian ini bertujuan untuk mendapatkan data/fakta yang tepat (shahi, benar, valid) dan dapat dipercaya (reliable) tentang seberapa jauh hubungan antara lokus kendali (locus of control) dengan kinerja guru di SMK Negeri 14 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 5 bulan terhitung sejak bulan November 2015 sampai Maret 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru di SMK Negeri 14 Jakarta berjumlah 52 orang. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan non-probability sampling yaitu purposive yang adalah Guru PNS di SMK Negeri 14 Jakarta berjumlah 28 orang. Untuk menjaring data variabel X (Lokus Kendali), digunakan instrumen berbentuk kuisioner, yang disebar kepada guru di SMK Negeri 14 Jakarta, setelah itu dilakukan uji validitas isi melalui proses validasi yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Sedangkan untuk variabel Y (Kinerja Guru) digunakan data sekunder berupa data Sasaran Kinerja Pegawai SMK Negeri 14 Jakarta. Hasil reliabilitas variabel X (Lokus Kendali) sebesar 0,877. Teknik analisis data dimulai dengan mencari persamaan regresi yang di dapat adalah Ŷ = 71,11 + 0,13X. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi atas X dengan menggunakan uji liliefors dan diperoleh Lhitung = 0,145 dibandingkan dengan Ltabel pada taraf signifikansi 0.05 sebesar 0,168 maka Lo<Lt. Hal ini berarti galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Sedangkan uji kelinieran menghasilkan Fhitung = (0,28) < Ftabel (2,51), ini berarti model regresi yang dipakai linier. Uji keberartian regresi diperoleh Fhitung = (15,06) > Ftabel = (4,23), ini membuktikan bahwa regresi berarti. Uji koefisien korelasi product moment menghasilkan rxy sebesar 0,606. Kemudian dilanjutkan dengan uji signifikansi koefisien dengan menggunakan uji t. Hasil yang diperoleh adalah thitung = (3,881), sedangkan ttabel pada dk = n – 2 = 28 – 2 = 26 dengan taraf signifikansi 0,05 adalah 1,7 berarti thitung > ttabel. Perhitungan koefisien determinasi menghasilkan rxy2 = 0,6062 = 0,3668. Ini menunjukkan bahwa 36,68% variabel Kinerja ditentukan oleh Lokus Kendali. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara lokus kendali dengan kinerja guru di SMK Negeri 14 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nurahma Hajat, M.Si, ; 2). Dra. Rochyati, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 19 Mar 2020 12:38
Last Modified: 19 Mar 2020 12:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5942

Actions (login required)

View Item View Item