PENGARUH GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 21 JAKARTA

ALIF MAHARRIZKI, . (2016) PENGARUH GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 21 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Alif Maharrizki.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika kelas x administrasi perkantoran di SMK Negeri 21 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung bulan Maret 2016 sampai dengan bulan Mei 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 21 Jakarta. Populasi terjangkaunya adalah seluruh kelas X Administrasi Perkantoran yang berjumlah 69 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak proporsional, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 58 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan data, wawancara dan kuesioner. Untuk menjaring data hasil belajar (Y), gaya belajar (X1) dan motivasi belajar (X2) didapatkan dengan cara memberikan kuesioner kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis yang terdiri atas uji normalitas dan uji linearitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis yang terdiri atas uji f dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara gaya belajar dengan motivasi belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 4,497 > nilai ttabel sebesar 1,67. Keterlibatan kerja berpengaruh secara parsial terhadap motivasi belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung 5,286> nilai ttabel sebesar 1,67. Gaya belajar dan motivasi belajar secara serentak berpengaruh terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 53,247 > nilai Ftabel sebesar 3,17. Persamaan regresi yang didapat adalah Y ̂= 26,885 + 0,290X1 + 0,225X2. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,659yang berarti gaya belajar (X1) dan motivasi belajar (Y) berpengaruh terhadap hasil belajar (Y) sebesar 65,9%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Rr Ponco Dewi K MM, ; 2). Marsofiyati S,Pd M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 19 Mar 2020 15:29
Last Modified: 19 Mar 2020 15:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5949

Actions (login required)

View Item View Item