PENGARUH KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA DI SMK NEGERI 44 JAKARTA

AMBAR YANI, . (2016) PENGARUH KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA DI SMK NEGERI 44 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI AMBAR YANI_8105127991.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh konsep diri dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada siswa di SMK Negeri 44 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung mulai bulan Februari sampai dengan bulan Mei 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kausalitas. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di SMKN 44 Jakarta yang berjumlah 588 siswa. Sedangkan populasi terjangkau adalah seluruh siswa kelas X (sepuluh) yang berjumlah 207 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak proporsional. Sampel yang diambil sebanyak 131 siswa berdasarkan taraf kesalahan 5%. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen, wawancara, dan kuesioner. Untuk data variabel konsep diri (X1) dan motivasi intrinsik (X2) didapatkan dengan cara memberikan kuesioner kepada responden. Sedangkan data variabel hasil belajar (Y) didapatkan dengan cara mengambil nilai ulangan tengah semester genap tahun ajaran 2015/2016. Sebelum digunakan, dilakukan uji validitas konstruk melalui proses validasi (X1) dan (X2) yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbrach. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh 7 butir pernyataan yang tidak valid untuk konsep diri (X1) dari 38 butir pernyataan, sehingga sebanyak 31 butir pernyataan yang digunakan untuk penelitian. Sedangkan hasil perhitungan untuk motivasi intrinsik (X2) diperoleh 6 butir pernyataan yang tidak valid dari 30 butir pernyataan, sehingga sebanyak 24 butir pernyataan yang digunakan untuk penelitian. Hasil reliabilitas instrument variable konsep diri dan motivasi intrinsik sebesar 0,897 dan 0,839. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis yang terdiri atas uji normalitas dan uji linearitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis yang terdiri atas uji f dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara konsep diri dengan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 6,351 > ttabel 1,645. Motivasi intrinsik berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung 5,113 > ttabel 1,645. Kosep diri dan motivasi intrinsik secara serentak berpengaruh terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung 50,067 > Ftabel 3,07. Persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 32,275 + 0,215X1 + 0,169X2. Berdasarkan uji koefisien determinasi, konsep diri (X1) dan motivasi intrinsik (X2) berpengaruh terhadap hasil belajar (Y) sebesar 43,9%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nuryetty Zain, M.M, ; 2). Umi Widyastuti, S.E, ME
Subjects: Ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2020 16:22
Last Modified: 19 Mar 2020 16:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5952

Actions (login required)

View Item View Item