HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMKN 44 DI JAKARTA

AMRINA ANGGRARINI, . (2016) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMKN 44 DI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI-AMRINA ANGGRARINI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan yang tepat untuk memperoleh data empiris dan fakta-fakta yang tepat, sahih, valid, serta dapat dipercaya dan diandalkan tentang hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar dan gaya belajar dengan prestasi belajar pada siswa kelas XI SMKN 44 di Jakarta. penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional. Jenis penelitian yaitu menggunakan penelitian deskriptif. Tempat penelitian dilakukan di SMKN 44 Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMKN 44 di Jakarta. Populasi terjangkaunya adalah siswa kelas XI jurusan Pemasaran dan Administrasi Perkantoran sebanyak 123 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan Pemasaran dan Administrasi Perkantoran sebanyak 89 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling acak sederhana. Pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner. Sedangkan teknik analisis penelitian ini menggunakan program SPSS versi 22. Hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar, hipotesis ini dibuktikan dengan nilai r = 0.449 dan nilai thitung (4.685) > ttabel (1.622). (2) Terdapat hubungan yang positif antara gaya belajar dengan prestasi belajar, hipotesis ini dibuktikan dengan nilai r = 0.513 dan nilai thitung (5.573) > ttabel (1.622). Hipotesis ini dibuktikan dengan nilai korelasi parsial antara motivasi belajar dengan prestasi belajar sebesar dan nilai yang diperoleh Fhitung > Ftabel atau 21.949 > 3.95. Sedangkan nilai korelasi parsial antara gaya belajar dengan prestasi belajar sebesar dan nilai yang diperoleh Fhitung > Ftabel atau 31.063 > 3.95. Persamaan regresi tunggal yang diperoleh adalah Ŷ = 78.630 + 0.056 (X1) dan Ŷ = 75.778 + 0.088 (X2). Hasil determinasi (R2) antara variabel motivasi belajar dengan prestasi belajar diperoleh sebesar 0.201. Hasil determinasi (R2) antara variabel gaya belajar dengan prestasi belajar diperoleh sebesar 0.263. Jadi kemampuan dari variabel motivasi belajar untuk menjelaskan prestasi belajar secara simultan sebesar 20.1% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar variabel motivasi belajar. Dan kemampuan variabel gaya belajar untuk menjelaskan prestasi belajar secara simultan sebesar 26.3% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar variabel gaya belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Rochyati, M.Pd ; 2). Dra. Nurahma Hajat, M.Si
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 19 Mar 2020 17:54
Last Modified: 19 Mar 2020 17:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5957

Actions (login required)

View Item View Item