HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN MENGHADAPI TES DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMK NEGERI 14 JAKARTA

ANA OCTAVIANI, . (2016) HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN MENGHADAPI TES DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMK NEGERI 14 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ANA OCTAVIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kecemasan menghadapi tes dengan hasil belajar pada siswa SMK Negeri 14 di Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung mulai bulan Februari 2016 sampai dengan bulan April 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 14 di Jakarta yang berjumlah 280 siswa. Berdasarkan tabel populasi dan sampel dengan taraf kesalah 5% maka diperoleh sampel sebanyak 155 siswa dengan menggunakan teknik acak sederhana. Data dari variabel X tentang kecemasan menghadapi tes merupakan data primer berupa kuesioner dan variabel Y tentang hasil belajar merupakan data sekunder berupa nilai ulangan tengah semester. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan mencari persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 154,51- 0,94X. Hasil uji normalitas liliefors menghasilkan Lhitung = 0,05592 dan Ltabel = 0,07117 pada taraf signifikansi (a) = 0.05 untuk jumlah sampel (n) 155. Karena Lhitung= (0,05592) < Ltabel = (0,07117) maka variabel X dan Y berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dengan uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung (86,53) > Ftabel (3,91), yang berarti persamaan regresi tersebut signifikan. uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung (-1,74) < Ftabel (-1,53) sehingga Fhitung< Ftabel maka dapat disimpulkan bahwa model persamaan regresi adalah linier. Uji koefisien korelasi product moment menghasilkan rhitung = -0,601. Uji-t menghasilkan thitung ( -9,30) < ttabel (-1,97). Dengan demikian dapat dinyatakan koefisien korelasi rxy = -0,601 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 36,13% menunjukkan bahwa 36,13% variasi kecemasan menghadapi tes ditentukan oleh hasil belajar dan sisanya 63,87% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara kecemasan menghadapi tes dengan hasil belajar pada siswa SMK Negeri 14 di Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Roni Faslah, S.Pd,MM, ; 2). Umi Widyastuti, SE, ME
Subjects: Ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 19 Mar 2020 18:02
Last Modified: 19 Mar 2020 18:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5958

Actions (login required)

View Item View Item