PENGARUH KONSEP DIRI DAN KECEMASAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR – DASAR PERBANKAN SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 14 JAKARTA

ANI OCTAVIANA, . (2016) PENGARUH KONSEP DIRI DAN KECEMASAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR – DASAR PERBANKAN SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 14 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ANI OCTAVIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri dan kecemasan siswa terhadap hasil belajar dasar – dasar perbankan siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 14 Jakarta, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung mulai bulan Februari 2016 sampai dengan bulan April 2016. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan korelasional. Pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen, pengamatan dan kuesioner. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 14 Jakarta yang berjumlah 109 orang siswa dengan sampel 85 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis, regresi berganda dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji f. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh positif secara parsial antara konsep diri dengan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 8,752 lebih besar dari ttabel sebesar 1,989 dengan angka signifikansi 0,000 sehingga konsep diri memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kecemasan siswa secara parsial terdapat pengaruh negatif terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar -3,951 lebih kecil dari ttabel sebesar -1,989 dengan angka signifikansi 0,000 sehingga kecemasan siswa memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap hasil belajar. Secara simultan, terdapat pengaruh antara konsep diri dan kecemasan siswa terhadap hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 49,590 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,11. Terdapat pengaruh yang positif antara konsep diri dan kecemasan siswa terhadap hasil belajar dengan koefisien korelasi ganda 0,740 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 54,7%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara konsep diri dan kecemasan siswa terhadap hasil belajar dasar - dasar perbankan siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 14 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Mardi M.Si ; 2). Ati Sumiati, M.Si,
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 20 Mar 2020 09:42
Last Modified: 20 Mar 2020 09:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5974

Actions (login required)

View Item View Item