Abizal Ravi Islami, . (2025) PENGARUH VARIASI CAMPURAN SAMPAH PLASTIK JENIS HIGH-DENSITY POLYETHYLENE (HDPE) DAN POLYPROPYLENE (PP) TERHADAP UJI TEKAN DAN UJI KEKERASAN PADA APLIKASI BUMPER MOBIL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (779kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (351kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (769kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (748kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan data SIPSN, jumlah sampah plastik di Indonesia pada tahun 2021, produksi sampah plastik mencapai sekitar 5,37 juta ton/tahun, dan pada tahun 2022, produksi sampah plastik menjadi 6,45 juta ton?tahun. Pada tahun 2023, jumlah sampah plastik kembali meningkat, mencapai 7,67 juta ton/tahun. Pengelolaan yang tepat diperlukan karena jumlah sampah plastik yang terus meningkat akan mencemari ekosistem. Salah satu sektor yang saat kini banyak memanfaatkan material daur ulang plastik adalah industri otomotif, salah satu contohnya adalah bumper mobil. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi campuran HDPE dan PP terhadap sifat mekanik, khususnya kekuatan tekan dan kekerasan, guna mengevaluasi potensi penggunaannya sebagai bahan alternatif bumper mobil. Material yang diperlukan untuk bumper mobil harus memiliki kekuatan tekan tinggi, kekerasan yang memadai, dan ketahanan terhadap suhu lingkungan antara –20 °C dan 80 °C. Spesimen Dibuat dari sampah plastik jenis HDPE dan sampah plastik jenis PP dalam lima komposisi berbeda, spesimen kemudian diproses melalui metode peleburan pada suhu 150°C. Proses pencampuran dilakukan secara manual, yang menghasilkan tingkat homogenitas bervariasi akibat perbedaan sifat kimia HDPE dan PP. Pengujian yang dilakukan meliputi uji tekan, uji kekerasan Vickers, dan pengamatan struktur mikro untuk menilai performa material. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan PP dalam campuran mampu meningkatkan kekuatan tekan dan kekerasan secara signifikan. Spesimen dengan komposisi P5 (100% PP) menghasilkan performa terbaik dengan kekuatan tekan 24,39 MPa dan kekerasan 11,04 HVN. Sementara itu, variasi campuran komposisi P4 (HDPE 25% – PP 75%) juga menunjukkan hasil cukup baik, dengan kekuatan tekan 12,87 MPa dan kekerasan 8,21 HVN. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan PP, baik murni maupun sebagai bahan dominan dalam campuran, berpotensi sebagai bahan alternatif bumper mobil berbasis plastik daur ulang. Untuk mencapai hasil optimal secara industri, peningkatan metode homogenisasi seperti penggunaan extruder atau compatibilizer disarankan. ****** Based on SIPSN data, the amount of plastic waste in Indonesia in 2021, plastic waste production reached around 5.37 million tons/year, and in 2022, plastic waste production became 6.45 million tons/year. In 2023, the amount of plastic waste increased again, reaching 7.67 million tons/year. Proper management is needed because the increasing amount of plastic waste will pollute the ecosystem. One sector that currently utilizes recycled plastic materials is the automotive industry, one example is car bumpers. Therefore, the purpose of this study is to determine the effect of variations in HDPE and PP mixtures on mechanical properties, especially compressive strength and hardness, in order to evaluate its potential use as an alternative material for car bumpers. The material required for car bumpers must have high compressive strength, adequate hardness, and resistance to environmental temperatures between -20 °C and 80 °C. Specimens Made from HDPE and PP plastic waste in five different compositions, the specimens were then processed through a melting method at a temperature of 150 °C. The mixing process was carried out manually, resulting in varying degrees of homogeneity due to differences in the chemical properties of HDPE and PP. Tests conducted included compression tests, Vickers hardness tests, and microstructural observations to assess material performance. The results showed that the addition of PP to the mixture significantly increased the compressive strength and hardness. Specimens with composition P5 (100% PP) produced the best performance with a compressive strength of 24.39 MPa and a hardness of 11.04 HVN. Meanwhile, variations in the P4 composition mixture (HDPE 25% – PP 75%) also showed quite good results, with a compressive strength of 12.87 MPa and a hardness of 8.21 HVN. From these results, it can be concluded that the use of PP, either pure or as a dominant material in the mixture, has the potential as an alternative material for recycled plastic-based car bumpers. To achieve optimal results industrially, improvements in homogenization methods such as the use of an extruder or compatibilizer are recommended.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dr. Ahmad Kholil, M.T. ; 2. Dr. Imam Basori, M.T. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik |
Divisions: | FT > S1 Teknik Mesin |
Depositing User: | Abizal Ravi Islami . |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 01:21 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 01:21 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59741 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |