HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGERI 47 JAKARTA

ANISA NUR SEJATI, . (2016) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGERI 47 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
REVISI (Repaired) (Repaired).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubuungan antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar siswa kelas XII Jurusan Akuntansi pada SMK Negeri 47 Jakarta berdasarkan data atau fakta yang tepat (sahih, benar dan valid) dan dapat dipercaya (diandalkan, reliabel). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 47 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Jurusan Akutansi yang berjumlah 104 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 82 siswa. Jumlah sampel dari setiap kelas diambil secara proporsional dengan menggunakan teknik acak sederhana. Untuk menjaring data dari kedua variabel digunakan instrumen penelitian berbentuk skala likert untuk kecerdasan emosional (Variabel X) dan motivasi belajar (Variabel Y). Persamaan regresi dalam penelitian ini adalah Ŷ = 131,24+0,34X. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors didapat Lhitung(Lo) 0,07830 <Ltabel (Lt) 0,09784. Ini menandakan bahwa model regresi berdistribusi normal. Sedangkan uji kelinieran regresi didapat F Hitung (0,59) < F Tabel (1,68). Ini menunjukkan bahwa model regresi linier. Dari uji keberartian regresi diketahui bahwa model regresi berarti F Hitung (7,53) > F Tabel (3,96). Dari uji hipotesis dengan uji koefisien korelasi dengan menggunakan rumus product moment rxy= 0,293, maka ini berarti terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar. Dari perhitungan uji-t diketahui thitung = (2,74) > ttabel= (1,99), sehingga ini menunjukkan terdapat hubungan yang berarti (signifikan) antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar. Sedangkan dari hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai 8,60% yang menunjukkan bahwa kecerdasan emosional menentukan motivasi belajar sebesar 8,60%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Santi Susanti, S.Pd., M.Ak., ; 2). Ati Sumiati, S.Pd, M.Si,
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 20 Mar 2020 10:17
Last Modified: 20 Mar 2020 10:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5975

Actions (login required)

View Item View Item