ZULFANIA NURAISYAH, . (2025) Pengaruh Stres Akademik dan Tekanan Teman Sebaya Terhadap Ketidakjujuran Akademik dalam Bentuk Penyalahgunaan Artificial Intelligence pada Mahasiswa Tahun Pertama. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (382kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (606kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Ketidakjujuran akademik dalam bentuk penyalahgunaan Artificial Intelligence (AI) menjadi tantangan baru di dunia pendidikan tinggi, khususnya pada mahasiswa tahun pertama yang masih berada dalam masa transisi dan penyesuaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stres akademik dan tekanan teman sebaya terhadap ketidakjujuran akademik dalam bentuk penyalahgunaan AI pada mahasiswa tahun pertama. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel convenience sampling, melibatkan sebanyak 388 mahasiswa tahun pertama. Alat ukur yang digunakan terdiri dari The Perceptions of Academic Stress Scale (Bedewy & Gabriel, 2015), Peer Pressure Scale (Santor et al., 2000), dan Academic Dishonesty Scale (Bashir & Bala, 2018). Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa secara simultan, stres akademik dan tekanan teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap ketidakjujuran akademik (R² = 20,6%). Namun secara parsial, hanya tekanan teman sebaya yang memiliki pengaruh signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa faktor sosial memiliki peran yang lebih besar dibandingkan faktor internal dalam mendorong perilaku tidak jujur secara akademik. Penelitian ini memberikan implikasi penting terhadap perlunya intervensi sosial dalam menumbuhkan integritas akademik sejak awal masa perkuliahan. Kata kunci: ketidakjujuran akademik, stres akademik, tekanan teman sebaya, artificial intelligence, mahasiswa tahun pertama ***** Academic dishonesty through the misuse of Artificial Intelligence (AI) has emerged as a growing concern in higher education, particularly among first-year students who are undergoing a period of transition and adjustment. This study aims to examine the influence of academic stress and peer pressure on academic dishonesty in the form of AI misuse among first-year university students. A quantitative research approach was employed using a convenience sampling technique, involving 388 first-year students. The instruments used were the Perceptions of Academic Stress Scale (Bedewy & Gabriel, 2015), Peer Pressure Scale (Santor et al., 2000), and Academic Dishonesty Scale (Bashir & Bala, 2018). The results of multiple regression analysis showed that academic stress and peer pressure simultaneously had a significant influence on academic dishonesty (R² = 20,6%). However, partially, only peer pressure showed a significant effect. These findings suggest that social factors have a greater impact than internal factors in driving academic dishonesty. This study highlights the importance of social interventions in promoting academic integrity early in the college experience. Keywords: academic dishonesty, academic stress, peer pressure, artificial intelligence, first-year students
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Adhissa Qonita, M.Psi., ; 2). Rahmadianty Gazadinda, M.Sc. |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa |
Divisions: | FPPsi > S1 Psikologi |
Depositing User: | Users 30498 not found. |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 08:02 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 08:02 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59770 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |