ARRAHMI PUTRIA MUCHTARAM, . (2016) PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMAN 91 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ARRAHMI PUTRIA MUCHTARAM.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan keefektifan metode pembelajaran Problem Solving dan Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas X Di SMAN 91 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan non equivalent design yang dibagi menjadi kelas eksperimen 1 diberi perlakuan dengan metode Problem Solving dan kelas ekperimen 2 dengan metode Team Assisted Individualization. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes kemampuan kognitif pada materi Sistem dan Alat Pembayaran berupa nilai dari pre test dan post test.Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas, uji persamaan rata- rata, uji perbedaan rata-rata dua sampel berpasangan dan uji hipotesis. Hasil uji normalitas dan homogenitas kedua kelas pada pre test maupun post test kedua kelas menunjukan data yang berdistribusi normal dan homogen. Uji persamaan rata- rata menunjukkan bahwa kelas X IIS 2 dan X IIS 3 memiliki kemampuan yang sama sehingga mampu diberi perlakukan. Pengujian hipotesis dilaksankan dan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas X di SMAN 91 dengan menggunakan metode Problem Solving lebih tinggi dibanding menggunakan metode Team Assisted Individualization.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Endang Sri Rahayu, M.Pd., ; 2). Dicky Iranto, SE,M.Si., |
Subjects: | Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 20 Mar 2020 21:30 |
Last Modified: | 20 Mar 2020 21:30 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5997 |
Actions (login required)
View Item |