PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PHET COLORADO TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR-DASAR KETENAGALISTRIKAN (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 15 KOTA BEKASI)

GLADIS NURFATIMAH, . (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PHET COLORADO TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR-DASAR KETENAGALISTRIKAN (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 15 KOTA BEKASI). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (908kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (809kB)
[img] Text
LAMPIRAN (6)_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan simulasi PhET Colorado terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Dasar-Dasar Ketenagalistrikan di SMK Negeri 15 Kota Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuantitatif dengan desain quasi experimental bentuk non-equivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran PBL berbantuan PhET Colorado dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pretest dan pretest berbentuk esai berbasis masalah, serta lembar observasi untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran model PBL oleh guru. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample t-test, dan independent sample t-test dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan pada kelas eksperimen setelah diterapkannya model pembelajaran PBL berbantuan PhET Colorado, ditunjukkan oleh hasil uji paired sample t-testdengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Selain itu, hasil uji independent sample t-test menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan PhET Colorado berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Dasar-Dasar Ketenagalistrikan Studi Kasus di SMK Negeri 15 Kota Bekasi.*****This study aims to determine the effect of the Problem Based Learning (PBL) model assisted by PhET Colorado simulations on students' learning outcomes in the subject of Basic Electricity at SMK Negeri 15 Kota Bekasi. The research method used was quantitative experimental research with a quasi-experimental design in the form of a non-equivalent control group design. The sample consisted of two classes: an experimental class applying the PBL model assisted by PhET Colorado and a control class applying conventional learning methods. The instruments used in this study included essay-type pretest and pretest questions based on real-life problems and observation sheets to assess the implementation of the PBL model by the teacher. Data analysis techniques included normality testing, homogeneity testing, paired sample t-test, and independent sample t-test using SPSS software. The results of the study showed that there was a significant improvement in the learning outcomes of students in the experimental class after the application of the PBL model with PhET Colorado. This was indicated by the results of the paired sample t-test with a significance value of 0.000 < 0.05. Additionally, the independent sample t-test revealed a significant difference in learning outcomes between the experimental and control classes, with a significance value of 0.000 < 0.05. This study concludes that the Problem-Based Learning model assisted by PhET Colorado has a statistically significant effect on improving students' learning outcomes in the subject of Basic Electricity (A Case Study at SMK Negeri 15 Kota Bekasi).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Faried Wadjdi, M.Pd, M.M. ; 2). Dr. Muksin, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Gladis Nurfatimah .
Date Deposited: 13 Aug 2025 01:48
Last Modified: 13 Aug 2025 01:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60156

Actions (login required)

View Item View Item