PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK NEGERI 47 JAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

BAMBANG TRIANTORO, . (2016) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK NEGERI 47 JAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAMBANG TRIANTORO - 8105128005.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar pengantar akuntansi siswa kelas X akuntansi SMKN 47 Jakarta. Penelitian dilakukan di SMKN 47 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen, pengamatan dan kuesioner. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi di SMKN 47 Jakarta yang berjumlah 108 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 84 siswa. Data dari variabel X1 tentang perhatian orang tua dan data variabel X2 tentang fasilitas belajar merupakan data primer berbentuk kuesioner sedangkan data variabel Y tentang hasil belajar merupakan data sekunder berupa nilai ulangan harian dan nilai ulangan tengah semester. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh positif secara parsial antara perhatian orang tua dengan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 3,476 lebih besar dari ttabel sebesar 1,989. Fasilitas belajar secara parsial juga terdapat pengaruh positif terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 3,829 lebih besar dari ttabel sebesar 1,989. Secara simultan terdapat pengaruh perhatian orang tua dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 20,753 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,11. Terdapat pengaruh yang positif antara perhatian orang tua dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar dengan koefisien korelasi ganda 0,582 dengan demikian hipotesis penelitian diterima. Selanjutnya diketahui koefisien determinasi (R2) sebesar 33,9%. Oleh karena itu, untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa perlu diperhatikan adanya tingkat perhatian orang tua dan fasilitas belajar yang memadai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ati Sumiati, M.Si., ; 2). Achmad Fauzi, S.Pd, M.Ak.,
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 23 Mar 2020 13:09
Last Modified: 23 Mar 2020 13:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6020

Actions (login required)

View Item View Item