KUALITAS SISTEM DAN KUALITAS INFORMASI DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PENGGUNA MELALUI VARIABEL KEPERCAYAAN: STUDI PADA APLIKASI CORETAX

NADIYAH HIBRIZI, . (2025) KUALITAS SISTEM DAN KUALITAS INFORMASI DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PENGGUNA MELALUI VARIABEL KEPERCAYAAN: STUDI PADA APLIKASI CORETAX. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover Skripsi_Nadiyah Hibrizi_1710621067.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1 Pendahuluan_Nadiyah Hibrizi_1710621067.pdf

Download (449kB)
[img] Text
Bab 2 Kajian Pustaka_Nadiyah Hibrizi_1710621067.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3 Metodologi Penelitian_Nadiyah Hibrizi_1710621067.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4 Hasil dan Pembahasan_Nadiyah Hibrizi_1710621067.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5 Penutup_Nadiyah Hibrizi_1710621067.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka_Nadiyah Hibrizi_1710621067.pdf

Download (369kB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup_Nadiyah Hibrizi_1710621067.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Transformasi digital dalam sistem administrasi perpajakan menghadirkan tantangan baru terhadap kualitas sistem dan kualitas informasi yang berdampak pada kepercayaan dan kepuasan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi terhadap Kepuasan Pengguna melalui Kepercayaan, dengan studi kasus pada aplikasi Coretax yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pajak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei daring dan metode untuk analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Partial Least Square berbasis Structural Equation Modeling atau disebut SEM-PLS, yang dikenal efektif dalam melakukian pengujian hubungan antar variabel laten secara simultan dengan melibatkan 170 responden. Berdasarkan temuan dalam hasil penelitian ini, aspek Kualitas Sistem berkontribusi signifikan dalam mempengaruhi Kepercayaan dengan koefisien sebesar 0,630, nilai t sebesar 2,728, dan nilai p sebesar 0,006. Kualitas Informasi juga memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepercayaan, dengan koefisien 0,487, nilai t sebesar 2,335, dan nilai p sebesar 0,020. Selanjutnya, Kepercayaan terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kepuasan pengguna, yang tercermin melalui nilai koefisien sebesar 0,690, nilai t sebesar 4,051, dan nilai p sebesar 0,000. Temuan ini menunjukkan bahwa kualitas dari sistem, kualitas dari informasi, dan kepercayaan memainkan karakter penting dalam meningkatkan kepuasan dari pengguna terhadap sistem perpajakan digital. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis terhadap pengembangan model evaluasi sistem informasi serta rekomendasi praktis bagi pengembangan sistem Coretax agar lebih responsif, andal, dan berorientasi pada pengguna. **** The digital transformation of tax administration systems presents new challenges related to system quality and information quality, which impact user trust and satisfaction. This study aims to analyze the influence of System Quality and Information Quality on User Satisfaction through Trust, using a case study of the Coretax application developed by the Directorate General of Taxes. A quantitative approach was applied using an online survey and analyzed through the Structural Equation Modeling Partial Least Squares (SEM-PLS) technique, involving 170 respondents. The results show that System Quality significantly influences Trust, with a coefficient of 0.630, a t-value of 2.728, and a p-value of 0.006. Information Quality also has a significant effect on Trust, with a coefficient of 0.487, a t-value of 2.335, and a p-value of 0.020. Furthermore, Trust significantly affects User Satisfaction, with a coefficient of 0.690, a t-value of 4.051, and a p-value of 0.000. These findings indicate that system quality, information quality, and trust play a vital role in enhancing user satisfaction with digital taxation systems. This research contributes theoretically to the development of information system evaluation models and offers practical recommendations for improving the Coretax system to become more responsive, reliable, and user-oriented.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Umi Widyastuti, S.E., M.E. 2). Diena Noviarini, M.M.Si.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum)
Divisions: FE > S1 Bisnis Digital
Depositing User: Users 30789 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2025 19:31
Last Modified: 13 Aug 2025 19:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60240

Actions (login required)

View Item View Item