PENGARUH COGNITIVE FLEXIBILITY TERHADAP INTELLECTUAL HUMILITY PADA MAHASISWA INDONESIA DENGAN PENGALAMAN BERKEGIATAN DI LUAR KAMPUS

REVA NURVEIZA EVALIA, . (2025) PENGARUH COGNITIVE FLEXIBILITY TERHADAP INTELLECTUAL HUMILITY PADA MAHASISWA INDONESIA DENGAN PENGALAMAN BERKEGIATAN DI LUAR KAMPUS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 KESIMPULAN IMPLIKASI DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari cognitive flexibility terhadap intellectual humility pada mahasiswa Indonesia dengan pengalaman berkegiatan di luar kampus. Seiring dengan perkembangan sektor pendidikan, mahasiswa Indonesia didukung untuk mengembangkan kompetensi diri terutama dengan berpartisipasi dalam kegiatan di luar kampus, yang seringkali memerlukan proses seleksi. Mahasiswa dengan pengalaman di luar kampus pada taraf tertentu telah terbukti memiliki kelebihan serta keunggulan dibandingkan mahasiswa lainnya ketika mereka lolos seleksi, yang dapat menimbulkan rasa bangga dan berpotensi menimbulkan refleksi diri yang tidak menyadari keterbatasan diri. Oleh karena itu, penting untuk mengkaji sifat kebajikan yaitu intellectual humility. Penelitian ini menggunakan sampel terdiri dari 220 mahasiswa aktif program sarjana dan diploma dengan pengalaman berkegiatan di luar kampus yang dipilih menggunakan teknik convenience sampling. Instrumen yang digunakan adalah Comprehensive Intellectual Humility Scale (Krumrei-Mancuso & Rouse, 2016) dan Cognitive Flexibility Scale (Martin & Rubin, 1995). Data dianalisis menggunakan model regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cognitive flexibility berpengaruh pada intellectual humility. Artinya, mahasiswa dengan pengalaman di luar kampus yang memiliki tingkat cognitive flexibility tinggi cenderung lebih rendah hati terhadap kemampuan intelektual dan pemikiran mereka. Penelitian ini memiliki kesimpulan bahwa pengembangan keterampilan yang membutuhkan fleksibilitas kognitif dan juga sifat kebajikan seperti intellectual humility pada mahasiswa dengan pengalaman di luar kampus, penting sebagai upaya untuk menghasilkan lulusan dengan karakter yang berkualitas.*****This study aims to determine whether there is an influence of cognitive flexibility on intellectual humility in Indonesian students with off-campus activity experience (MBKM). Alongside the development of the education sector, Indonesian students are encouraged to develop their competence, especially through participation in off-campus activities which often involve a prestigious selection process. Students who manages to excell and participate in off-campus experiences are proven to be more competent compared to others when they pass the selection process, which can raise a sense of pride and potentially lead to self-reflection that overlooks personal limitations. Therefore, it is important to examine the virtue of intellectual humility. This study used a sample of 220 active university students with experiences in off-campus activities selected using convenience sampling method. The instruments used were the Comprehensive Intellectual Humility Scale (Krumrei-Mancuso & Rouse, 2016) and the Cognitive Flexibility Scale (Martin & Rubin, 1995). Collected data were analyzed using a simple linear regression model. The results showed that cognitive flexibility significantly affects intellectual humility. That is, students with off-campus experience who have a high level of cognitive flexibility tend to be more humble about their intellectual abilities and beliefs. This study has concluded that promoting skills that involves the use of cognitive flexibility and also epistemic virtues such as intellectual humility in students with off-campus experience is important as an effort to produce graduates with character.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Rahmadianty Gazadinda, M.Sc. ; 2). Syahid Izharuddin, M.Si.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa
Divisions: FPPsi > S1 Psikologi
Depositing User: Users 30485 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2025 01:58
Last Modified: 13 Aug 2025 01:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60360

Actions (login required)

View Item View Item