PENGARUH KAFEIN TERHADAP KEMAMPUAN MEMORI JANGKA PENDEK (SHORT TERM MEMORY) PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

AZZAH KHORIDAH MAULIDIYA, . (2025) PENGARUH KAFEIN TERHADAP KEMAMPUAN MEMORI JANGKA PENDEK (SHORT TERM MEMORY) PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kafein terhadap kemampuan short term memory pada mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Jakarta. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen kuasi posttest-only design with non-equivalent groups. Sampel penelitian berjumlah 90 mahasiswa yang dibagi ke dalam tiga kelompok, yaitu kelompok eksperimen 1 yang diberikan perlakuan konsumsi kopi 85,8 mg, kelompok eksperimen 2 yang diberikan perlakuan konsumsi air putih, dan kelompok kontrol yang tidak diberikan minum sama sekali. Kemampuan short term memory diukur menggunakan Digit Span Forward Test melalui website. Setelah pemberian perlakuan dan masa tunggu 30 menit, peserta mengikuti tes memori. Data dianalisis menggunakan uji Kruskal-Wallis. Hasil analisis menunjukkan bahwa kelompok eksperimen 1 yang diberikan perlakuan minum kopi menghasilkan skor short term memory yang lebih tinggi dibandingkan kelompok eksperimen 2 yang diberikan air putih dan kelompok kontrol yang tidak minum, namun perbedaan skor tersebut tidak signifikan secara statistik (p > 0,05). Selain meneliti kafein sebagai variabel bebas, penelitian ini juga mengkaji pengaruh variabel sekunder seperti jenis kelamin, domisili, durasi tidur, tingkat stres, tekanan darah, dan frekuensi konsumsi kopi per minggu. Hasilnya menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan dari variabel-variabel sekunder tersebut terhadap kemampuan short term memory. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun konsumsi kafein pada dosis 85,8 mg cenderung memengaruhi kemampuan short term memory, namun pengaruhnya tidak bermakna secara statistik. Kata kunci: kafein, memori jangka pendek, short term memory, mahasiswa, eksperimen ***** This study aims to examine the effect of caffeine on short term memory in psychology students at Universitas Negeri Jakarta. The study used a quantitative approach with a quasi-experimental posttest-only design with non-equivalent groups. The sample consisted of 90 students divided into three groups: Experimental Group 1 received 85,8 mg of caffeine through coffee, Experimental Group 2 received plain water, and the Control Group received no drink at all. Short term memory was measured using the Digit Span Forward Test via a website. After treatment and a 30-minute waiting period, participants completed the memory test. The data were analyzed using the Kruskal-Wallis test. The results showed that Experimental Group 1, which consumed coffee, obtained higher short-term memory scores compared to Experimental Group 2 and the Control Group. However, the differences were not statistically significant (p > 0.05). In addition to caffeine as the independent variable, this study also examined secondary variables such as gender, domicile, sleep duration, stress level, blood pressure, and weekly coffee consumption frequency. The results showed that none of these secondary variables had a significant effect on short term memory ability. These findings suggest that although consuming 85,8 mg of caffeine tends to enhance short term memory, the effect is not statistically significant. Keywords: caffeine, short term memory, college students, experiment

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Gumgum Gumelar Fajar Rakhman, M.Si ; 2). Erik, S.Psi., M.Si
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPPsi > S1 Psikologi
Depositing User: Users 30922 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2025 06:16
Last Modified: 13 Aug 2025 06:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60405

Actions (login required)

View Item View Item