PENGARUH MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

ANISA INTAN SETYANI, . (2025) PENGARUH MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (498kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (303kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut manusia untuk memiliki kemampuan berpikir kritis. Namun, kemampuan berpikir kritis yang dimiliki peserta didik kurang terlatih akibat pembelajaran yang cenderung berpusat pada guru. Model Think Talk Write adalah model pembelajaran yang mengintegrasikan aktivitas belajar secara mandiri dan kolaborasi kelompok. Model pembelajaran ini efektif diterapkan dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Think Talk Write dengan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif desain quasi eksperimen dengan posttest only control group design. Sampel penelitian berjumlah 62 peserta didik yang diperoleh dengan teknik simple random sampling. Analisis data dilakukan menggunakan uji independent sample t-test dengan signifikansi <0,001 lebih kecil dari 0,05 pada taraf signifikansi 5% sehingga H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Think Talk Write dengan mind mapping dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis peserta didik karena menfasilitasi dalam menganalisis peristiwa perubahan lingkungan melalui diskusi dan dibantu oleh media mind mapping yang mempermudah peserta didik mengorganisasikan pengetahuan dan ide yang diperolehnya.*****Advances in science and technology require humans to have critical thinking skills. However, students' critical thinking skills are underdeveloped due to teachercentered learning. The Think Talk Write model is a learning model that integrates independent learning and group collaboration activities. This learning model is effective in developing critical thinking skills in students. This study aims to analyze the effect of the Think Talk Write model with mind mapping on the critical thinking skills of high school students. The research method used is a quantitative quasiexperimental design with a posttest-only control group design. The sample consisted of 62 students obtained through simple random sampling. Data analysis was conducted using an independent sample t-test with a significance level of <0.001 lesser than 0.05 at a 5% significance level, thus rejecting H0. The results of the study indicate that the Think Talk Write model with mind mapping can influence students' critical thinking skills because it facilitates the analysis of environmental change events through discussion and is supported by mind mapping media, which helps students organize the knowledge and ideas they have acquired.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Ratna Dewi Wulaningsih, M.Si. 2). Prof. Dr. Diana Vivanti Sigit, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Anisa Intan Setyani .
Date Deposited: 14 Aug 2025 07:54
Last Modified: 14 Aug 2025 07:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60435

Actions (login required)

View Item View Item