EKSPLORASI PREFERENSI PEMILIHAN PASANGAN DI MEDIA SOSIAL TIKTOK, INSTAGRAM, DAN X

PURWA ANDIENA SOPIAN, . (2025) EKSPLORASI PREFERENSI PEMILIHAN PASANGAN DI MEDIA SOSIAL TIKTOK, INSTAGRAM, DAN X. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (255kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut preferensi pemilihan pasangan yang muncul pada platform media sosial TikTok, Instagram, dan TikTok. Penelitian ini didasari oleh fenomena “Standar TikTok” yang ramai diperbincangkan bagi pengguna media sosial yang terpapar. Penelitian ini menggunakan metode qualitative content analysis yang berfokus pada makna yang muncul dalam konteks sosial—pada penelitian ini, konteks preferensi pemilihan pasangan. Penelitian ini menggunakan 7 konten dari TikTok, 6 konten dari Instagram, dan 7 konten dari X sebagai salah satu sumber data penelitiannya. Prosedur analisis datanya dengan melakukan coding data komentar pada kategori dan subkategori yang telah ditetapkan, yang kemudian dikategorikan menjadi satu kesatuan makna dari masing-masing kalimatnya, dan menghasilkan atribut preferensi pemilihan pasangan. Hasilnya menunjukkan terdapat 250 atribut yang muncul di TikTok dengan total frekuensi 3.833 yang didominasi oleh subkategori atribut “pintar”, 61 atribut yang muncul di Instagram dengan total frekuensi 618 yang didominasi dengan atribut “menenangkan bagi pasangan”, dan 78 atribut di X dengan total frekuensi 1.158 yang didominasi dengan atribut “kecocokan sifat”. Keseluruhan penelitian ini turut menyumbang 8 kategori, 29 subkategori, dan 250 atribut preferensi pemilihan pasangan pada seluruh platform. Hasil ini divisualisasikan melalui mind mapping beserta frekuensi yang muncul di setiap kategori, subkategori, dan atribut preferensi pemilihan pasangan. Temuan ini kemudian dibahas lebih mendalam melalui konteks media sosial menggunakan pendekatan uses and gratification dan teori preferensi pemilihan pasangan. Kata kunci: preferensi pemilihan pasangan, media sosial, tiktok, instagram, x, proses pemilihan pasangan ***** This study aims to explore the attributes of mate preference that emerge on social media platforms TikTok, Instagram, and X. The research is driven by the phenomenon of the “TikTok Standard,” which has sparked widespread discussion among social media users. This study employs a qualitative content analysis method, focusing on the meanings that arise within a social context—in this case, the context of mate preference. The study utilizes 7 pieces of content from TikTok, 6 from Instagram, and 7 from X as sources of research data. The data analysis procedure involves coding user comments into predefined categories and subcategories, which are then grouped into unified meanings for each statement, resulting in the identification of mate preference attributes. The findings reveal 250 attributes emerging from TikTok with a total frequency of 3,833, dominated by the subcategory “intelligent”; 61 attributes from Instagram with a total frequency of 618, dominated by the attribute “emotionally calming for partner”; and 78 attributes from X with a total frequency of 1,158, dominated by the attribute “personality compatibility.” Overall, the study contributes 8 categories, 29 subcategories, and 250 mate preference attributes across all platforms. The results are visualized through a mind map that includes the frequency of each category, subcategory, and attribute. These findings are further discussed in the context of social media using the uses and gratification approach and mate preference theory. Keywords: mate selection preferences, social media, tiktok, instagram, x, mate selection process

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Mira Ariyani, PhD ; 2). Jimny Hilda Fauzia, S.Psi., M.Psi., Psikolog
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa
Divisions: FPPsi > S1 Psikologi
Depositing User: Users 30650 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2025 02:37
Last Modified: 13 Aug 2025 02:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60519

Actions (login required)

View Item View Item