PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI GRAFIS BERBASIS MICROSOFT EXCEL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN PSIKOMOTOR SISWA PADA PRAKTIKUM TITRASI ASAM BASA

FITRIYAH, . (2025) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI GRAFIS BERBASIS MICROSOFT EXCEL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN PSIKOMOTOR SISWA PADA PRAKTIKUM TITRASI ASAM BASA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (386kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi grafis berbasis Microsoft Excel terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotor siswa pada praktikum titrasi asam basa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen, yaitu pretest-posttest non-equivalent group design. Penelitian ini melibatkan 60 siswa SMAN 1 Cikarang Selatan sebagai sampel penelitian yang terdiri dari 30 siswa dari kelas XI.B sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa dari kelas XI.A sebagai kelompok kontrol. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa skor hasil pretest dan posttest yang mengukur hasil belajar kognitif siswa, serta skor hasil observasi penilaian kinerja siswa yang mengukur hasil belajar psikomotor siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh dari penggunaan aplikasi grafis berbasis Microsoft Excel terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotor siswa pada praktikum titrasi asam basa, di mana terdapat perbedaan yang signifikan antara skor rata-rata posttest siswa kelompok eksperimen dengan siswa kelompok kontrol, dan hasil yang sama juga didapatkan pada skor observasi kinerja siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif yang lebih tinggi pada siswa kelompok eksperimen dibandingkan dengan siswa kelompok kontrol.*****This study aims to determine the effect of using Microsoft Excel-based graphical applications on students' cognitive and psychomotor learning outcomes in acid-base titration practicum. This study used a quantitative approach with a quasiexperimental design, namely pretest-posttest non-equivalent group design. This study involved 60 students of SMAN 1 Cikarang Selatan as the research sample consisting of 30 students from class XI.B as the experimental group and 30 students from class XI.A as the control group. The data obtained from this study were in the form of pretest and posttest scores that measured students' cognitive learning outcomes, as well as student performance assessment observation scores that measured students' psychomotor learning outcomes. The results showed the effect of using Microsoft Excel-based graphical applications on students' cognitive and psychomotor learning outcomes in acid-base titration practicum, where there was a significant difference between the average posttest scores of experimental group students and control group students, and the same results were also obtained in the student performance observation scores. The results also showed an increase in higher cognitive learning outcomes in experimental group students compared to control group students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Maria Paristiowati, M.Si. 2). Dr. Hanhan Dianhar, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Fitriyah .
Date Deposited: 14 Aug 2025 04:11
Last Modified: 14 Aug 2025 04:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60636

Actions (login required)

View Item View Item