PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA KELAS XII KEAHLIAN AKUNTANSI SMKN 8 JAKARTA

DEWI FITRIYANI, . (2016) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA KELAS XII KEAHLIAN AKUNTANSI SMKN 8 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI DEWI FITRIYANI FIXED LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional Pada Siswa Kelas XII Keahlian Akuntnasi SMKN 8 Jakarta berdasarkan data dan fakta yang valid serta dapat dipercaya. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 8 Jakarta.Metode yang digunakan adalah metode survey.Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII program keahlian akuntansi yang berjumlah 104 siswa.Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 83 siswa. Untuk menjaring data dari kedua variable digunakan instrument penelitian berbentuk skala likert untuk pola asuh orang tua (Variabel X) dan kecerdasan emosional (Variabel Y) Persamaan regresi dalam penelitian ini adalahŶ = 97,550 + 0,72 X. Dari persamaan tersebut dilakukan uji persyaratan liliefors didapat Lhitung < Ltabel (0,0727 < 0,0977. Hal itu berarti data berdistribusi normal.Pada uji kelinieran regresi didapat Fhitung (-2,55) <Ftabel (1,72) yang dapat disimpulkan bahwa model regresi berbentuk linier. Sedangkan untuk uji keberartian didapat Fhitung (11,73) >Ftabel (3,96) yang menandakan persamaan regresi berarti. Hasil uji koefisien korelasi dengan menggunakan product moment dari Pearson diperoleh nilai rxy0356. Hal ini berarti terdapat hubungan yang positif antara pola asuh orang tua dengan kecerdasan emosional siswa kelas XII program keahlian akuntansi SMK Negeri 8 Jakarta. Sedangkan pengukuran koefisien korelasi yang dilakukan untuk ketiga indikator pola asuh maka ddidapatkan hasil untuk pola asuh demokratis dengan nilai rxy0,373 hal ini berarti terdapat hubungan yang positif antara pola asuh orang tua dengan kecerdasan emosional siswa kelas XII program keahlian akuntansi SMK Negeri 8 Jakarta. Sedangkan untuk pola asuh otoriter diperoleh nilai rxy0,210 hal ini berarti terdapat hubungan yang positif antara pola asuh orang tua yang otoriter dengan kecerdasan emosional siswa kelas XII program keahlian akuntansi SMK Negeri 8 Jakarta. Selanjutnya untuk pola asuh permisif diperoleh nilai rxy-090 hal ini berarti terdapat hubungan yang negatif antara pola asuh orang tua yang permisif dengan kecerdasan emosional siswa kelas XII program keahlian akuntansi SMK Negeri 8 Jakarta. Dari perhitungan Uji-t didapat thitung = 3,42 >ttabel = 1,99 yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara variabel X yaitu pola asuh orang tua dengan variabel Y yaitu kecerdasan emosional. Sedangkan untuk uji-t yang dilakukan pada setiap indikator pola asuh maka didapat thitung = 3,62 >ttabel = 1,99 yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara variabel X yaitu pola asuh orang tua yang demokratis dengan variabel Y yaitu kecerdasan emosional. Begitu pula untuk pola asuh otoriter didapat thitung = 1,93 >ttabel = 1,699 yang menunjukkan adanya hubungan yang tidak signifikan antara variabel X yaitu pola asuh orang tua otoriter dengan iii variabel Y yaitu kecerdasan emosional.selanjutnya untuk pola asuh permisif didapat thitung = -0,90 >ttabel = 1,99 yang menunjukkan adanya hubungan yang tidak signifikan antara variabel X yaitu pola asuh orang tua yang permisif dengan variabel Y yaitu kecerdasan emosional. Dari hasil perhitungan diperoleh koefisien determinasi 12,65% sehingga dapat dikatakan bahwa variabel Y kecerdasan emosional ditentukan oleh variabel X pola asuh orang tua sebesar 12,65%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Susi Indriani, S.E, M.S.Ak, ; 2). Achmad Fauzi, S.Pd, M.Ak,
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 26 Mar 2020 11:14
Last Modified: 26 Mar 2020 11:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6080

Actions (login required)

View Item View Item