HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN EKOLOGI DAN KETERAMPILAN RISET DENGAN LITERASI LINGKUNGAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI

JUNDI AWALUDIN, . (2025) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN EKOLOGI DAN KETERAMPILAN RISET DENGAN LITERASI LINGKUNGAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (366kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (373kB)
[img] Text
8. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan lingkungan berperan dalam meningkatkan pemahaman tanggung jawab terhadap lingkungan. Mahasiswa pendidikan biologi memiliki peran strategis sebagai calon guru biologi yang diharapkan mampu berkontribusi aktif dalam merumuskan solusi terhadap permasalahan lingkungan. Salah satu komponen penting dalam meningkatkan pemahaman terhadap konsep-konsep utama dan menerapkan pengetahuannya untuk memecahkan masalah lingkungan adalah dengan mengintegrasikan pembelajaran dengan literasi lingkungan. Upaya untuk meningkatkan literasi lingkungan yaitu dengan meningkatkan pemahaman terhadap pengetahuan ekologi, dan meningkatkan keterampilan riset mahasiswa pendidikan biologi. Penelitian ini mengkaji hubungan parsial dan simultan antara pengetahuan ekologi dan kemampuan riset dengan literasi lingkungan mahasiswa pendidikan biologi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Sampel terdiri dari 127 mahasiswa pendidikan biologi. Data berdistribusi secara normal melalui uji normalitas, data homogen melalui uji homogenitas, dan data memiliki hubungan yang linear melalui uji linearitas antar variabel yang kemudian dilakukan analisis korelasional dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat korelasi positif dan kuat antara pengetahuan ekologi dengan literasi lingkungan, (2) terdapat korelasi positif dan sedang antara keterampilan riset dengan literasi lingkungan, (3) terdapat korelasi positif dan kuat secara simultan antara pengetahuan ekologi dan keterampilan riset dengan literasi lingkungan mahasiswa pendidikan biologi. Implikasi penelitian ini adalah literasi lingkungan mahasiswa pendidikan biologi dapat ditingkatkan melalui pengetahuan ekologi dan keterampilan riset yang tinggi pada mahasiswa pendidikan biologi.***** Environmental education plays a crucial role in enhancing understanding and responsibility towards the environment. Biology education students hold a strategic position as prospective biology teachers, expected to actively contribute to formulating solutions for environmental problems. Integrating learning with environmental literacy is a vital component in fostering understanding of core concepts and enabling the application of knowledge to solve environmental issues. Efforts to enhance environmental literacy include improving understanding of ecological knowledge and improving the research skills of biology education students. This research examines the partial and simultaneous relationships between ecological knowledge and research skills with the environmental literacy of biology education students. This study utilized a quantitative correlational method. The sample consisted of 127 biology education students. The data is normally distributed through the normality test, the data is homogeneous through the homogeneity test, and the data has a linear relationship through the linearity test between variables, which is then subjected to correlational and regression analysis. The research results showed that: (1) there is a positive and strong correlation between ecological knowledge and environmental literacy, (2) there is a positive and moderate correlation between research skills and environmental literacy, and (3) there is a positive and strong simultaneous correlation between ecological knowledge and research skills with the environmental literacy of biology education students. The implication of this research is that the environmental literacy of biology education students can be improved through high ecological knowledge and research skills.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Ratna Komala, M.Si. 2). Dr. Rizhal Hendi Ristanto, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Jundi Awaludin .
Date Deposited: 14 Aug 2025 04:00
Last Modified: 14 Aug 2025 04:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60806

Actions (login required)

View Item View Item