PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN COMPUTER NUMERICAL CONTROL 2 AXIS (CNC-2A) FASE F DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 68 JAKARTA

AHMAD RAFLI PUTRA EFRIANDI, . (2025) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN COMPUTER NUMERICAL CONTROL 2 AXIS (CNC-2A) FASE F DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 68 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (863kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (208kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Computer Numerical Control 2 Axis (CNC-2A) merupakan bagian dari elemen Teknik Pemesinan Non Konvensional (TPNK) yang menekankan keterpaduan antara teori dan praktik. Namun, dalam implementasinya di sekolah, pembelajaran masih didominasi oleh teori tanpa dukungan praktik yang memadai. Hal ini menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami konsep dan mengaplikasikannya dalam konteks nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul pembelajaran Computer Numerical Control 2 Axis (CNC-2A) untuk Fase F di SMK Negeri 68 Jakarta. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mencakup sembilan tahap, mulai dari potensi masalah hingga uji coba pemakaian produk. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan nilai rata-rata 3,4, sementara validasi ahli media memperoleh nilai rata-rata 3,5. Uji coba terbatas menunjukkan rata-rata 3,8, menandakan kelayakan modul. Uji coba pemakaian di kelas XII TFLM 1 yang menggunakan modul menunjukkan peningkatan nilai rata-rata siswa yang lebih tinggi menjadi 92,7. Sebaliknya, kelas XII TFLM 2 yang tidak menggunakan modul hanya memperoleh rata-rata 72,11. Modul ini tidak hanya membantu guru dalam menyampaikan materi, tetapi juga memudahkan siswa dalam memahami teori dan praktik pemrograman CNC. Materi dalam modul disusun secara urut, dilengkapi dengan contoh-contoh aplikasi langsung, sehingga siswa dapat melihat hubungan antara teori dan praktik di mesin CNC 2 Axis. Kata Kunci : Modul Pembelajaran, TPNK, dan CNC 2A*****Computer Numerical Control 2 Axis (CNC-2A) is part of Non-Conventional Machining Engineering (TPNK) elements that emphasize the integration of theory and practice. However, in its implementation in schools, learning is still dominated by theory without adequate practical support. This causes students to have difficulty understanding concepts and applying them in real-world contexts. This study aims to develop instructional materials in the form of a Computer Numerical Control 2 Axis (CNC-2A) learning module for Phase F at SMK Negeri 68 Jakarta. The research uses the Research and Development (R&D) method, which includes nine stages, from identifying potential issues to testing the product's usability. Expert content validation yielded an average score of 3.4, while expert media validation achieved an average score of 3.5. Limited testing showed an average score of 3.8, indicating the module's feasibility. A classroom trial in Grade XII TFLM 1 using the module resulted in a higher average student score of 92.7. Conversely, Class XII TFLM 2, which did not use the module, only achieved an average of 72.11. This module not only assists teachers in delivering the material but also facilitates students in understanding the theory and practice of CNC programming. The material in the module is arranged sequentially, accompanied by direct application examples, enabling students to see the connection between theory and practice on the 2-axis CNC machine. Keywords: Learning Module, TPNK, and CNC 2A

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sopiyan, M.Pd. ; 2). Ahmad Lubi, M.Pd., M.T.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum)
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Teknologi dan Ilmu Terapan > Manufaktur
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Ahmad Rafli Putra Efriandi .
Date Deposited: 14 Aug 2025 03:31
Last Modified: 14 Aug 2025 03:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60986

Actions (login required)

View Item View Item