PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ECO-STEAM WEBSITE INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA KELAS X PADA MATERI EKOSISTEM

PUTRI DEWI SARTIKA, . (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ECO-STEAM WEBSITE INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA KELAS X PADA MATERI EKOSISTEM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (928kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (598kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Berpikir kritis adalah kemampuan untuk merefleksikan pemikiran dan memecahkan masalah. Kemampuan berpikir kritis dapat dikembangkan dengan penggunaan media pembelajaran yang tepat. Salah satu media yang memfasilitasi pengembangan berpikir kritis adalah media pembelajaran berbasis web, seperti Eco-STEAM website interaktif. Penelitian bertujuan untuk mengkaji pengaruh media pembelajaran Eco-STEAM website interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi ekosistem. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen pretest-posttest control group design. Data dikumpulkan melalui instrumen tes kemampuan berpikir kritis, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan angket respon peserta didik. Instrumen tes yang digunakan 15 butir yang telah tervalidasi, dengan reliabilitas tinggi sebesar 0,813. Penelitian dilaksanakan di sekolah menengah atas negeri yang berlokasi di Bekasi, Indonesia, dengan subjek penelitian 62 peserta didik kelas X.1 dan X.9. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Hasil analisis data berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji ancova menghasilkan nilai signifikansi 0,001. Hal ini menunjukkan penggunaan media Eco-STEAM berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan perolehan nilai N-Gain lebih tinggi pada kelas eksperimen sebesar 0,63 dengan kategori sedang. Hasil temuan penelitian menegaskan media pembelajaran Eco-STEAM website interaktif dapat menjadi salah satu alternatif media yang digunakan dalam pembelajaran biologi khususnya materi ekosistem. ***** Critical thinking is the ability to reflect on thoughts and solve problems. Critical thinking skills can be developed through the use of appropriate learning media. One medium that facilitates the development of critical thinking is web-based learning media, such as the interactive Eco-STEAM website. This study aims to examine the effect of the interactive Eco-STEAM website learning media on students' critical thinking skills in ecosystem material. This study used a quasi-experimental pretest-posttest control group design method. Data were collected through critical thinking ability test instruments, learning implementation observation sheets, and student response questionnaires. The test instrument used 15 validated items, with a high reliability of 0.813. The study was conducted in a public high school located in Bekasi, Indonesia, with 62 students in grades X.1 and X.9 as research subjects. Sampling used a simple random sampling technique. The results of the data analysis were normally distributed and homogeneous. Hypothesis testing was carried out using the ANCOV test resulting in a significance value of 0.001. This indicates that the use of Eco-STEAM media has a significant effect on improving critical thinking skills. This improvement was evidenced by the higher N-Gain value of 0.63 in the experimental class, which is categorized as moderate. The research findings confirm that the interactive Eco-STEAM website learning media can be an alternative medium for biology learning, particularly ecosystems.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dr. Eka Putri Azrai, S.Pd., M.Si. 2. Ade Suryanda, S.Pd., M.Si.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Putri Dewi Sartika .
Date Deposited: 14 Aug 2025 03:08
Last Modified: 14 Aug 2025 03:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60996

Actions (login required)

View Item View Item