PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PROGRAM PENGOLAH ANGKA PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 44 JAKARTA PUSAT

EKA NURSHAFNIATI, . (2016) PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PROGRAM PENGOLAH ANGKA PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 44 JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Eka Nurshafniati - 8105123305.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Program Pengolah Angka Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 44 Jakarta Pusat. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar, terdapat pengaruh antara minat belajar terhadap prestasi belajar, dan terdapat pengaruh antara kemampuan awal dan minat belajar terhadap prestasi belajar. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan populasi terjangkau adalah seluruh siswa kelas X kompetensi keahlian akuntansi yang berjumlah 67 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 57 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan dokumentasi. Sebelum instrumen digunakan, dilakukan uji validitas untuk variabel minat belajar(X2) dengan 40 butir pernyataan telah divalidasi sebanyak 32 butir pernyataan dan sisanya sebanyak 8 butir drop. Hasil uji reliabilitas variabel minat belajar sebesar 0,849. Berdasarkan hasil perhitungan uji koefisien regresi secara simultan , nilai Fhitung = 199,492 > Ftabel = 3,17 dengan nilai siginifikansi 0,000 dan tingkat signifikansi 0,05, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh kemampuan awal dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa. sedangkan pada hasil uji koefisien regresi secara parsial, yaitu kemampuan awal terhadap prestasi belajar sebesar thitung = 2,793 > ttabel = 2,004 dapat simpulkan kemampuan awal berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Nilai thitung minat belajar sebesar 11,599 > ttabel = 2,004 dapat disimpulkan minat belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar. Uji Hipotesis menyatakan bahwa secara simultan maupun parsial semua variabel independen (kemampuan awal dan minat belajar) memengaruhi variabel dependen (prestasi belajar). Penemuan dalam penelitian ini menunjukan bahwa aspek afektif merupakan aspek dominan dalam prestasi belajar, rasa senang merupakan indikator dominan dalam minat belajar, dan kemampuan awal siswa termasuk kategori sedang karena 26 siswa memiliki nilai di atas rata-rata. Hasil menunjukan sebesar 88,10% kemampuan awal dan minat belajar memengaruhi prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Susi Indriani, S.E, M.S.Ak. ; 2). Ahmad Fauzi, S.Pd., M.Ak.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 27 Mar 2020 12:37
Last Modified: 27 Mar 2020 12:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6113

Actions (login required)

View Item View Item