PENGEMBANGAN FLIPBOOK E-MODUL PRAKTIKUM BIOFUEL SEBAGAI BAHAN BAKAR ALTERNATIF DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN BERPIKIR ANALITIS PESERTA DIDIK SMA

LIDYA J SIANTURI, . (2025) PENGEMBANGAN FLIPBOOK E-MODUL PRAKTIKUM BIOFUEL SEBAGAI BAHAN BAKAR ALTERNATIF DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN BERPIKIR ANALITIS PESERTA DIDIK SMA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (614kB)
[img] Text
BAB I. Pendahuluan.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB II. Landasan Teori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III. Metodologi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV. Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V. Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (355kB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keterbatasan cadangan bahan bakar fosil dan dampak perubahan iklim mendorong pengembangan energi terbarukan seperti biofuel, khususnya bioetanol dari biomassa lignoselulosa seperti eceng gondok dan kulit ari kedelai. Pemanfaatan limbah sisa pembakaran biofuel penting untuk mengurangi emisi CO2 dan menyediakan alternatif energi. Pemahaman dan keterampilan praktis siswa SMA terkait inovasi teknologi biologi, khususnya biofuel, masih terbatas. Konsep materi energi terbarukan (biofuel) perlu ditanamkan pada peserta didik melalui praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas flipbook e-modul praktikum biofuel dengan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) dan berpikir analitis siswa SMA kelas X. Penelitian ini menggunakan metode Educational Design Research (EDR) dengan Model ADDIE. Pengembangan bahan ajar flipbook e-modul praktikum ini sesuai dengan komponen-komponen wajib yang harus ada pada sebuah panduan praktikum dengan mengintegrasikan teks, gambar, video, dan animasi, dirancang untuk mendukung pembelajaran mandiri dan interaktif serta mengoptimalkan prinsip multimedia dalam dunia pendidikan. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan sangat layak dengan rata-rata skor 3,6. Penerapan produk dalam pembelajaran praktikum biofuel sebagai bahan bakar alternatif dengan inkuiri terbimbing terbukti dapat meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) dan kemampuan berpikir analitis siswa. Hasil uji MANOVA sebesar 0,00 < α dan menunjukkan perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Implementasi flipbook e-modul praktikum biofuel sebagai bahan ajar dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir analitis siswa pada materi inovasi teknologi biologi. Kata kunci: Berpikir analitis, biofuel, e-modul, keterampilan proses sains ***** The limitations of fossil fuel reserves and the impact of climate change are driving the development of renewable energy sources such as biofuels, specifically bioethanol from lignocellulosic biomass like water hyacinth and soybean hulls. The utilization of waste from biofuel combustion is important for reducing CO2 emissions and providing an alternative energy source. High school students' understanding and practical skills related to biological technology innovations, particularly biofuels, are still limited. The concept of renewable energy (biofuels) needs to be instilled in students through practical work. This study aims to develop and test the effectiveness of a biofuel practical e-module flipbook with a guided inquiry model to improve the Science Process Skills (SPS) and analytical thinking of 10th-grade high school students. This research uses the Educational Design Research (EDR) method with the ADDIE Model. The development of this practical e-module flipbook learning material is in accordance with the mandatory components of a practical guide, integrating text, images, videos, and animations. It is designed to support independent and interactive learning and to optimize multimedia principles in education. The results of the development research show that the developed product is highly feasible with an average score of 3.6. The implementation of the product in biofuel practical learning as an alternative fuel with guided inquiry was proven to enhance students' Science Process Skills (SPS) and analytical thinking abilities. The MANOVA test result of 0.00 < α indicates a significant difference between the experimental and control classes. The implementation of the biofuel practical e-module flipbook as a learning material can improve students' science process skills and analytical thinking abilities on the topic of biological technology innovation. Keywords: Analytical thinking, biofuel, e-module, science process skills

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1. Dr. Adisyahputra, MS. 2. Dr. Hanum Isfaeni, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Lidya J Sianturi .
Date Deposited: 14 Aug 2025 07:06
Last Modified: 14 Aug 2025 07:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61135

Actions (login required)

View Item View Item