PENGEMBANGAN DIGITAL FLIPBOOK ECOSYSTEM (DFE) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH

ANNISA JAMILATUSSHOLIHAH QURROTA AININ, . (2025) PENGEMBANGAN DIGITAL FLIPBOOK ECOSYSTEM (DFE) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (401kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (467kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (506kB)
[img] Text
8. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Digital Flipbook Ecosystem (DFE) adalah media pembelajaran yang dikembangkan untuk membantu peserta didik dalam visualisasi interaktif mencakup materi eksositem. Di dalam DFE ini juga memuat model pembelajaran problem-based learning (PBL) yang menyajikan permasalahan nyata yang terjadi di lingkungan sekitarnya Pembelajaran dengan DFE diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan DFE dan menganalisis pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah. Metode penelitian mengacu pada model pengembangan Hannafin and Peck. Hasil tahap analisis menunjukan peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang memiliki visualisasi menarik dan dapat digunakan dimana saja. Tahap desain menghasilkan rancangan media DFE dari tujuan pembelajaran, materi, soal berbasis PBL dan kuis. Tahap pengembangan dilakukan uji kelayakan media, materi dan bahasan dengan hasil sangat valid, sehingga DFE dinyatakan layak sebagai media pembelajaran biologi. Uji coba kelompok kecil mendapatkan hasil sangat valid dan perlu dilakukan revisi. Berdasarkan hasil implementasi DFE menunjukan bahwa DFE dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada indikator mengatur strategi dan taktik, membuat penjelasan lebih lanjut, menyimpulkan, membangun keterampilan dasar, dan memberikan penjelasan sederhana dan DFE juga dapat meningkatkan sikap ilmiah pada ranah sikap berpikiran terbuka dan kerjasama, rasa ingin tahu, sikap peka terhadap lingkungan, sikap respek terhadap data, kritis dan sikap ketekunan. DFE yang dikembangkan telah valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran biologi serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah. ***** The Digital Flipbook Ecosystem (DFE) is a learning medium developed to assist learners in interactive visualization of ecosystem materials. The DFE also includes a problem-based learning (PBL) model that presents real-life problems that occur in the surrounding environment. Learning with the DFE is expected to improve critical thinking skills and scientific attitudes. The research aims to develop the DFE and analyze its effect on critical thinking skills and scientific attitudes. The research method refers to the Hannafin and Peck development model. The results of the analysis stage show that students need learning media that have attractive visualizations and can be used anywhere. The design stage produces a DFE media design from learning objectives, materials, PBL-based questions, and quizzes. The development stage carried out a feasibility test of the media, materials, and discussion with very valid results, so that DFE was declared feasible as a biology learning medium. The small group trial obtained very valid results and needed revision. Based on the results of the implementation, the DFE shows that it can improve critical thinking skills in the indicators of organizing strategy and tactics, making further explanations, drawing conclusions, building basic skills, and providing simple explanations. The DFE can also improve scientific attitudes in the realms of open-mindedness and cooperation, curiosity, environmental sensitivity, respect for data, critical thinking, and perseverance. The developed DFE has been validated and is suitable for use as a medium

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Rizhal Hendi Ristanto, M.Pd. 2). Prof. Dr. Ratna Komala, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Sains > Mikro Biologi > Ekologi
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 30899 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2025 02:41
Last Modified: 20 Aug 2025 02:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61173

Actions (login required)

View Item View Item