UMMU KALTSUM GUSTI ANNISA, . (2025) PEMAHAMAN PENGETAHUAN KONTEN STEAM PADA IMPLIKASI PEDAGOGIK PENDIDIK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (555kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (385kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (653kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (709kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (889kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (366kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian survei ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai pemahaman pendidik tentang pengetahuan konten STEAM pada implikasi pedagogik pendidik. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2025. Metode penelitian ini menggunakan metode survei dan menggunakan angket atau kuisioner sebagai teknik untuk pengambilan data. Sampel yang dipilih sebagai responden pada penelitian ini adalah pendidik yang mengajar di lembaga PAUD formal dan nonformal di wilayah kecamatan Kelapa Gading. Analisis data pada penelitian ini dibagi berdasarkan indikator dan pengelompokan responden berdasarkan yang memiliki latar belakang pendidikan Strata 1 PAUD dan belum Strasta 1 PAUD. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukan bahwa pemahaman pendidik tentang pengetahuan konten STEAM pada imlplikasi pendidik di wilayah kecamatan Kelapa Gading memperoleh kategori cukup. Secara keseluruhan pemahaman yang dimiliki pendidik tentang pengetahuan konten pedagogik dalam STEAM sudah tergolong cukup. Sebanyak 44% pendidik berada dalam kategori kurang, 12% pendidik berada dalam kategori cukup, 44% pendidik berada dalam kategori baik. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemahaman yang dimiliki pendidik tentang pengetahuan konten pedagogik dalam STEAM sudah tergolong cukup. Penting bagi seorang pendidik untuk memiliki pemahaman tentang pengetahuan konten pedagogik guna mambantu pendidik dalam mengajarkan pembelajaran berjalan secara efektif dan bermakna bagi anak. Diharapkan pendidik mampu untuk meningkatkan pemahaman tentang pengetahuan konten pedagogic dalam STEAM. ***** This survey study aimed to obtain an overview of educators’ understanding of STEAM content knowledge in relation to their pedagogical implications.The research was conducted in the Kelapa Gading sub-district, North Jakarta. Data collection took place in July 2025. The study employed a survey method and used a questionnaire as the primary data collection technique. The sample consisted of educators who taught in both formal and non-formal early childhood education (PAUD) institutions in the Kelapa Gading area. The data analysis was categorized based on indicators and grouped according to respondents’ educational backgrounds—those who had a bachelor's degree (Strata 1) in early childhood education and those who did not. The overall results of the study indicate that educators’ understanding of STEAM content knowledge in relation to pedagogical implications in the Kelapa Gading sub-district falls into the “moderate” category. Overall, educators' understanding of pedagogical content knowledge in STEAM is considered adequate. A total of 44% of educators fell into the "low" category, 12% into the "moderate" category, and 44% into the "high" category.The study concludes that educators’ understanding of pedagogical content knowledge in STEAM is generally sufficient. It is important for educators to have a solid understanding of pedagogical content knowledge to support effective and meaningful learning experiences for children. Educators are encouraged to continue improving their understanding of pedagogical content knowledge in the context of STEAM.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Hapidin, M.Pd. ; 2). Rahmah Novianti, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Ummu Kaltsum Gusti Annisa . |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 06:07 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 06:07 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61247 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |