MARIA ROSARIONA PADMAKRISYA, . (2025) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN METAKOGNISI SISWA KELAS XI-7 MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA TOPIK TRANSFORMASI GEOMETRI DI SMA SANTA URSULA JAKARTA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
File COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
File BAB 1.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text
File BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (981kB) | Request a copy |
![]() |
Text
File BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (887kB) | Request a copy |
![]() |
Text
File BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
File BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (82kB) | Request a copy |
![]() |
Text
File Daftar Pustaka.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text
File Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis berperan penting dalam tujuan pembelajaran matematika. Siswa kelas XI-7 tidak memiliki keterampilan berpikir kritis dan metakognisi yang baik. Pembelajaran berdiferensiasi menekankan proses pembelajaran sesuai dengan kebutuhan belajar untuk meningkatkan berpikir kritis dan metakognisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran berdiferensiasi dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan metakognisi siswa kelas XI-7 pada topik Transformasi Geometri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini berfokus pada subjek penelitian dengan gaya belajar visual. Pengumpulan data dengan cara memberikan tes tertulis berupa tes berpikir kritis, wawancara, observasi yang tertulis dalam catatan lapangan, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran berdiferensiasi dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan metakognisi. Terdapat kenaikan dari hasil rata-rata tes berpikir kritis siklus I, siklus II, dan siklus III pada subjek penelitian SB, B, C, PB1, PB2 dan PB3. Berdasarkan hasil rata-rata persentase metakognisi subjek penelitian SB, B, C, PB1, PB2 dan PB3 meningkat pada siklus I, siklus II, dan siklus III. Peningkatan subjek penelitian dengan gaya belajar visual mencapai indikator keberhasilan tindakan dan secara deskriptif hal ini membuktikan bahwa dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi pada siswa kelas XI-7 pada topik transformasi geometri dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan metakognisi.*****Critical thinking skills play an important role in mathematics learning objectives. Students in class XI-7 do not have good critical thinking and metacognitive skills. Differentiated learning emphasises the learning process according to learning needs to improve critical thinking and metacognition. This study aims to determine the application of differentiated learning in developing critical thinking and metacognitive skills of students in class XI-7 on the topic of Geometric Transformations. The method used in this study was classroom action research with a descriptive qualitative approach. This study focused on research subjects with visual learning styles. Data collection was conducted by administering written tests in the form of critical thinking tests, interviews, observations recorded in field notes, questionnaires, and documentation. The results of the study indicate that differentiated learning can develop critical thinking and metacognitive skills. There was an increase in the average scores of the critical thinking tests in cycles I, II, and III for the research subjects SB, B, C, PB1, PB2, and PB3. Based on the average percentage of metacognition, the research subjects SB, B, C, PB1, PB2, and PB3 showed an increase in cycles I, II, and III. The improvement in research subjects with visual learning styles achieved the success indicators of the intervention, and descriptively, this demonstrates that implementing differentiated learning for Grade XI-7 students on the topic of geometric transformations can enhance critical thinking skills and metacognition.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Meiliasari, S.Pd., M.Sc. ; 2) Tian Abdul Aziz, Ph.D |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | FMIPA > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Maria Rosariona Padmakrisya . |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 03:30 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 03:30 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61299 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |