PENGARUH KUALITAS LAYANAN AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI 2013 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

ERVINA DAMAYANTI, . (2016) PENGARUH KUALITAS LAYANAN AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI 2013 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ERVINA DAMAYANTI_8105123260.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa Pendidikan Ekonomi 2013 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta berdasarkan data dan fakta yang valid serta dapat dipercaya. Penelitian dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode survey. Pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan dan kuesioner. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah mahasiswa/i Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2013 yang berjumlah 218 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 135 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah persamaan regresi, uji persyaratan analisis, uji hipotesis, uji keberartian dan uji koefisien determinasi. Persamaan regresi dalam penelitian ini adalah Ŷ = 29,98 + 0,63 X. Dari persamaan tersebut dilakukan uji persyaratan liliefors didapat Lhitung < Ltabel (0,06061 < 0,07625). Hal itu berarti data berdistribusi normal. Pada uji kelinieran regresi didapat Fhitung (0,33) < Ftabel (1,51) yang dapat disimpulkan bahwa model regresi berbentuk linier. Sedangkan untuk uji keberartian didapat Fhitung (102,23) > Ftabel (3,91) yang menandakan persamaan regresi berarti. Hasil uji koefisien korelasi dengan menggunakan product moment dari Pearson diperoleh nilai rxy 0,659. Hal ini berarti terdapat hubungan yang positif antara kualitas layanan akademik dengan kepuasan mahasiswa Pendidikan Ekonomi 2013 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Dari perhitungan Uji-t didapat thitung = 10,11 > ttabel = 1,97 yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara variabel X yaitu kualitas layanan akademik dengan variabel Y yaitu kepuasan mahasiswa. Dari hasil perhitungan diperoleh koefisien determinasi 43,46% sehingga dapat dikatakan bahwa variabel Y kepuasan mahasiswa ditentukan oleh variabel X kualitas layanan akademik sebesar 43,46%. Untuk meningkatkan kualitas layanan akademik diharapkan staf layanan akademik Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta lebih cepat dan tanggap dalam memberikan pelayanan akademik kepada mahasiswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Zulaihati, M.Si., ; 2). Erika Takidah, S.E, M.Si.,
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 06 Apr 2020 22:52
Last Modified: 06 Apr 2020 22:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6131

Actions (login required)

View Item View Item