PENGEMBANGAN GAME PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI DAERAH BENCANA

RAFIKA BAYU KUSUMANDARI, ; (2019) PENGEMBANGAN GAME PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI DAERAH BENCANA. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game pembelajaran berbasis android untuk sebagai media pembelajaran di daerah bencana. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Hasil penelitian: Dalam penelitian ini dihasilkan game learning berbasis android. Setelah pengembangan model Draft I selesi dilakukan uji ahli pembelajaran matematika yang meliputi aspek materi, pembelajaran, dan media dalam satu kesatuan sebagai game pembelajaran dengan mengambil mata pelajaran matematika. Secara umum di luar hal-hal yang diubah, para pakar menilai media ini sudah baik secara materi, pembelajaran, bahasa dan media, mereka memberi skor semuanya 85 ke atas. Model draft II merupakan revisi dari model draft I berdasarkan saran dan masukan dari dua orang ahli. Saat melakukan uji validasi dengan ahli pembelajaran matematika, peneliti menampilkan game learning tersebut kemudian ahli memberikan saran dan masukan. Masukan yang diterima meliputi aspek media dan media pembelajaran yang digunakan dalam media (game pembelajaran) ini. Hasil pengembangan produk dilakukan uji kelayakan secara teoritik dan empiris. Proses uji kelayakan dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu Uji ahli, uji one to one, uji kelompok kecil, uji kelompok besar dan uji lapangan. Setelah melalui serangkaian uji kelayakan maka ditetapkan hasil produk pengembangan ini adalah berupa “Game Learning Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran pada Anak Pasca Bencana”. Lokasi penelitian dilaksanakan di di Kabupaten Banyumas tepatnya di Dusun Ciwaras, Desa Cihonje Kecamatan Gumelar yang dilaksanakan mulai bulan Maret sampai bulan September 2018. Terdapat 17 anak korban bencana yang menjadi objek penelitian. Program game learning berbasis android ini bisa diinstal ke HP anak-anak karena hampir 100% anak-anak memiliki HP android seri terbaru dengan kapasitas besar. Dari 7x pertemuan, terlihat adanya peningkatan hasil perolehan skor anak dan semakin cepatnya anak-anak dapat menyelesaikan game pembelajaran. Hal ini menunjukkan efektivitas game pembelajaran berbasis android sebagai media pembelajaran pasca bencana. Kata Kunci : Game Pembelajaran, Android, Mengurangi Trauma Anak, Pasca Bencana

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: Prof Dr. Basuki Wibawa ; Prof Dr. Hartati Muchtar, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S3 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 1836 not found.
Date Deposited: 17 Apr 2020 11:20
Last Modified: 17 Apr 2020 11:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6138

Actions (login required)

View Item View Item