PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA PEMBELAJARAN IPA (Studi Eksperimen pada Siswa kelas IV SDN GandariaIIIKab. Tangerang)

FAJAR YUMANHADI ARIPIN, . (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA PEMBELAJARAN IPA (Studi Eksperimen pada Siswa kelas IV SDN GandariaIIIKab. Tangerang). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh model pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi pada pembelajaran IPA siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Gandaria 3 Tangerang. Desain penelitian menggunakan metode eksperimen dengan treatment by level 2 x 2. Analisis data menggunakan analisis varian 2 jalur (ANOVA). Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat perbedaan Keterampilan Berpikir tingkat tinggi antara anak yang diberikan pembelajaran menggunakan Model Learning Cycle 7E dengan anak yang mengikuti pembelajaran menggunakan Model Problem Based Learning. (2) Terdapat Pengaruh interaksi antara Model Pembelajaran dan Kemandirian Belajar terhadap Keterampilan Berpikir tingkat tinggi. (3) Terdapat perbedaan Keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang memiliki kemandirian belajar tinggi diberikan pembelajaran Model Learning Cycle 7E lebih tinggi dibandingkan peserta didik yang memiliki kemandirian belajar tinggi yang diberikan pembelajaran model Problem based Learning.(4) Terdapat perbedaan Keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang memiliki kemandirian belajar rendah yang diberikan pembelajaran Model Learning Cycle 7E lebih rendah dibandingkan peserta didik yang memiliki kemandirian belajar rendah yang diberikan pembelajaran Model Problem Based Learning. ******************** This study aims to look for the effect of learning models and learning independence on higher order thinking skills in science learning of elementary school students. This research was conducted in class IV SDN Gandaria 3 Tangerang. The study design used an experimental method with treatment by level 2 x 2. Data analysis used 2-way variant analysis (ANOVA). The results of this study are (1) There are differences in high order Thinking Skills between children who are given learning using the 7E Learning Cycle Model and children who take learning using the Problem Based Learning Model. (2) There is an influence of interaction between the Learning Model and Learning Independence on higher order Thinking Skills. (3) There are differences in high-level thinking skills of students who have high learning independence given the Learning Cycle 7E Learning Model is higher than students who have high learning independence given the Problem-based learning. (4) There are differences in high order thinking skills of participants students who have low learning independence given learning model Learning Cycle 7E are lower than students who have low learning independence given learning Model Problem Based Learning. Keywords: Learning Model, Learning Cycle 7E, Problem Based Learning, learning independence, high order thinking skills.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. UCU CAHYANA, M.Si. ; 2). Dr. MUCHLAS SUSENO, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: FAJAR YUMANHADI ARIPIN .
Date Deposited: 23 Apr 2020 15:45
Last Modified: 23 Apr 2020 15:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6140

Actions (login required)

View Item View Item