PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 9 BOGOR

EVA RIANI, . (2016) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 9 BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPS_EVA RIANI_8105120473.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung lingkungan sekolah, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 9 Bogor, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kausal menggunakan data primer (variabel eksogen dan variabel endogen). Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang memenuhi kriteria berjumlah 100 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Path (analisis jalur). Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa terdapat pengaruh langsung antara lingkungan sekolah dengan hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukan bahwa nilai thitung> ttabel yakni 2,946> 1,984 dengan angka signifikansi 0,004, sehingga lingkungan sekolah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisis data untuk variabel motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa menunjukan bahwa nilai thitung> ttabel yakni 2,964> 1,984 dengan angka signifikansi 0,004, sehingga motivasi belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisis data variabel lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar menunjukan nilai thitung> ttabel, yakni 3,986> 1,984 dengan angka signifikansi 0,000, sehingga lingkungan sekolah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. Adapun nilai Rsquare sebesar 0,223, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Sedangkan nilai R yaitu sebesar 0,472 berarti nilai R termasuk kategori cukup kuat, (0,40 – 0,59), maka keeratan hubungan lingkungan sekolah, motivasi belajar dan hasil belajar tergolong cukup kuat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. I Ketut Sudiarditha, M.Si, ; 2). Ari Saptono, SE, M.Pd,
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2020 12:09
Last Modified: 07 Apr 2020 12:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6141

Actions (login required)

View Item View Item