PENGEMBANGAN MEDIA POCKET BOOK (BUKU SAKU) BERBASIS MIND MAP MATERI KALIMAT AKTIF DAN PASIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SEKOLAH DASAR

ASYAHILAH NURUL CHOIRUNISA, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA POCKET BOOK (BUKU SAKU) BERBASIS MIND MAP MATERI KALIMAT AKTIF DAN PASIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (787kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (694kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah prosedur pengembangan media pocket book (buku saku) berbasis mind map materi kalimat aktif dan pasif pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas II sekolah dasar, serta juga untuk mengetahui kualitas kelayakan produk tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan prosedur tahapan pengembangannya menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II di SDN Jati 05 Pagi dengan jumlah 29 peserta didik. Instrumen penelitian ini berupa kuesioner yang digunakan untuk validasi oleh para ahli dan respons peserta didik. Selanjutnya untuk menganalisis data yang diperoleh menggunakan analisis deskriptif. Untuk validasi produk dilakukan oleh tiga ahli, yakni ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Kemudian untuk uji coba pada peserta didik dilakukan melalui tiga tahap, yakni uji coba perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan. Berdasarkan hasil penilaian oleh para ahli dan respon peserta didik terhadap media pocket book ini memperoleh rerata skor dengan kriteria sangat baik, hal ini menunjukkan bahwa pengembangan media pocket book (buku saku) berbasis mind map ini layak untuk digunakan oleh peserta didik pada suatu pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas II sekolah dasar. ***** This research aims to describe the procedural steps in developing a pocket book media based on mind maps for the topic of active and passive sentences in Indonesian language learning for second-grade elementary school students. It also aims to determine the quality and feasibility of the developed product. This study is a research and development (R&D) project, employing the ADDIE model as the development procedure. The research subjects were 29 second-grade students at SDN Jati 05 Pagi. The research instruments used were questionnaires for expert validation and student responses. The collected data were analyzed using descriptive analysis. Product validation was conducted by three experts: a subject matter expert, a language expert, and a media expert. Furthermore, the product trial with students was carried out in three stages: individual testing, small group testing, and field testing. Based on the evaluations from the experts and the responses from the students, the pocket book media received an average score within the "very good" criteria. This indicates that the development of the mind map-based pocket book is suitable for use by students in learning, particularly in Indonesian language subjects for second-grade elementary school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Gusti Yarmi, M.Pd ; 2). Prof. Dr. Ir. Arita Marini, M.E
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Asyahilah Nurul Choirunisa .
Date Deposited: 20 Aug 2025 00:42
Last Modified: 20 Aug 2025 00:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61422

Actions (login required)

View Item View Item