Pengaruh Disiplin Belajar dan Fasiltas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi SMK PGRI 1 Jakarta

FATIMAH MULIA ASIH, . (2016) Pengaruh Disiplin Belajar dan Fasiltas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi SMK PGRI 1 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI FATIMAH MULIA ASIH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dan fasilitas belajar kelas X Akuntansi SMK PGRI 1 Jakarta, TAhun Ajaran 2015/2016, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumenter dan kuesioner. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas X akuntansi di SMK PGRI 1 Jakarta yang berjumlah 122 siswa dengan sampel 93 orang siswa. Teknik analisisi data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh secara parsial antara disiplin belajar dan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 3,746 lebih besar dari nilai ttabel 1,98. Fasilitas Belajar secara parsial juga terdapat pengaruh terhadap hasil belajar, hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 3,481 lebih besar dari pada ttabel sebesar 1,98. Secara simultan ada pengaruh antara disiplin belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkkan nilai Fhitung sebesar 26,247 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,10. Terdapat pengaruh yang positif dan berarti antara disiplin belajar dan fasilitas belajar dengan hasil belajar dengan koefisien kolerasi ganda 0,607 dengan demikian, hipotesis penelitian dapat diterima, selanjutnya diketahui koefisien determinasi (R2) sebesar 38,6%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa disiplin belajar dan fasilitas belajar mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar siswa yang dicapai. Oleh karena itu kondisi disiplin belajar siswa di sekolah haruslah baik, dan ketersedian fasilitas belajar disekolah haruslah lengkap dan layak digunakan, agar kegiatan belajar mengajarpun dapat berjalan dengan efektif setiap harinya sehingga hasil belajar siswapun dapat terus berprestasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Zulaihati, M.Si ; 2). Santi Susanti, S.Pd., M.Ak
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 07 Apr 2020 15:27
Last Modified: 07 Apr 2020 15:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6152

Actions (login required)

View Item View Item