PENGGUNAAN MEDIA SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TATA BAHASA BAHASA ARAB SISWA (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SISWA KELAS 7 MTS UMDATUR RASIKHIEN)

IFFAH TSABITAH, . (2025) PENGGUNAAN MEDIA SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TATA BAHASA BAHASA ARAB SISWA (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SISWA KELAS 7 MTS UMDATUR RASIKHIEN). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (534kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (443kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sekolah MTs Umdatur Rasikhien adalah salah satu sekolah yang menyelenggarakan pembelajaran bahasa Arab bagi para siswa. Namun, pembelajaran bahasa Arab di Sekolah MTs Umdatur Rasikhien memiliki banyak kendala. Siswa kelas tujuh merasa kesulitan dalam mempelajari bahasa Arab, terutama dalam mempelajari tata bahasa Arab. Kesulitan dalam memahami tata bahasa Arab bisa disebabkan oleh anggapan bahwa tata bahasa Arab itu sulit, rumit, dan menakutkan. Kaidah-kaidah ini yang dianggap rumit dan sulit diterapkan membuat bahasa Arab menjadi mata pelajaran yang dihindari siswa dan menyebabkan menurunnya motivasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman qawaid bahasa Arab siswa menggunakan media scramble. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Umdatur Rasikhien pada siswa kelas VII. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai salah satu upaya guru dalam menciptakan perbaikan berkelanjutan menggunakan model Kemmis & McTaggart yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Hasil yang didapat dari penelitian ini, bahwasanya pada pembelajaran qawaid pada siklus 1 masih terdapat beberapa siswa yang tidak berpartisipasi aktif dalam kelompoknya dan belum mamahami ilmu qawaid secara baik. Namun pada siklus kedua terjadi peningkatan dalam pembelajaran. Siswa aktif dalam kelompoknya, mampu memahami ilmu qawaid, dan bertambahnya kosa kata siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, sebelum tindakan diperoleh nilai rata-rata hasil pretest yaitu 49,14. Setiap siklus dihitung menggunakan perhitungan rumus n-gain score, yang mana diperoleh nilai n-gain score pada siklus 1 45% dengan kategori sedang dan pada siklus 2 menjadi 64% dengan kategori sedang atau cukup efektif. Dimana terjadi peningkatan yang cukup efektif dari siklus 1 ke siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan menggunakan metode scramble untuk meningkatkan pemahaman qawaid bahasa Arab siswa di MTs Umdatur Rasikhien. Sehingga guru dapat menggunakan media scramble ini dalam mengajar pelajaran bahasa Arab. Siswa juga merasakan kemudahan mempelajari qawaid bahasa Arab dengan menggunakan media scramble, membuat siswa menjadi lebih aktif dan tidak bosan saat belajar. Serta dapat meningkatkan kosa kata siswa. Kata Kunci: Media Scramble, Qawaid, Penelitian Tindakan Kelas **** MTs Umdatur Rasikhien is one of the schools that provides Arabic language learning for students. However, the Arabic learning process at MTs Umdatur Rasikhien faces many challenges. Seventh-grade students find it difficult to learn Arabic, especially when it comes to learning Arabic grammar. The difficulty in understanding Arabic grammar may stem from the perception that it is difficult, complex, and intimidating. These rules, which are considered complicated and hard to apply, make Arabic a subject that students tend to avoid and lead to a decrease in learning motivation. This research aims to improve understanding of Arabic grammar using the Scramble method. This research was conducted at Islamic Junior High School Umdatur Rasikhien with seventh-grade students. The method used in this study is Classroom Action Research (CAR), as one of the teacher's efforts to bring about continuous improvement, by applying the Kemmis & McTaggart model which consists of four stages: planning, action, observation, and reflection. The results obtained from this study indicate that in the teaching of qawaid (Arabic grammar) during the first cycle, there were still some students who did not actively participate in their groups and had not yet understood qawaid properly. However, in the second cycle, there was an improvement in the learning process. Students became more active in their groups, were able to understand qawaid, and their vocabulary increased. Based on the result of this research, before the intervention, the average pre-test score was 49,14. Each cycle was evaluated using the N-gain score formula. The N-gain score in the first cycle was 45%, which falls into the medium category, and in the second cycle it increased to 64%, still within the medium category. This indicates a fairly effective improvement from cycle 1 to cycle 2. Based on the research findings, the researcher concluded that there was a significant improvement in learning outcomes through the use of the Scramble method to enhance students’ understanding of Arabic grammar at MTs Umdatur Rasikhien. Therefore, teachers can use the Scramble media in teaching Arabic. Students also found it easier to learn Arabic grammar using the Scramble method, which made them more active and less bored during the lessons. It also helped increase their vocabulary. Keywords: Scramble method, Grammar, Classroom Action Research

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Samsi Setiadi, M.Pd. ; 2). Dr. Muhammad Kamal, M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 27853 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2025 03:08
Last Modified: 19 Aug 2025 03:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61545

Actions (login required)

View Item View Item