PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KEMANDIRIAN TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL (STUDI EKSPERIMEN PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN, DI KEDIRI – JAWA TIMUR, TAHUN 2018)

DEMA YULIANTO, . (2020) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KEMANDIRIAN TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL (STUDI EKSPERIMEN PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN, DI KEDIRI – JAWA TIMUR, TAHUN 2018). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe picture and picture (PAP) dan tipe student teams achivement divisions (STAD) dengan kemandirian terhadap perilaku prososial anak usia dini di Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Gogorante dan Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Ngasem, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, di Provinsi Jawa Timur. Metode eksperimen yang digunakan adalah desain faktorial 2x2. Analisis data menggunakan Anava dua jalur. Pengambilan sampel menggunakan teknik Multistage Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 48 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Perilaku prososial anak usia dini antara kelompok anak yang diberikan pembelajaran kooperatif tipe PAP lebih tinggi dengan kelompok anak yang diberikan pembelajaran kooperatif tipe STAD 2) Perilaku prososial anak usia dini berbeda antara kelompok anak yang memiliki kemandirian tinggi lebih baik dengan kelompok anak yang memiliki kemandirian rendah 3) Terdapat pengaruh interaksi antara pembelajaran kooperatif dan perilaku prososial yang dipengaruhi oleh kemandirian anak usia dini 4) Perilaku prososial anak usia dini berbeda antara kelompok anak yang diberikan pembelajaan kooperatif tipe PAP lebih baik dengan kelompok anak didik yang diberikan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada kemandirian tinggi 5) Perilaku prososial anak usia dini berbeda antara kelompok anak yang diberikan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dengan kelompok anak yang diberikan pembelajaran PAP pada kemandirian rendah. The purpose of this study was to determine the effect of cooperative learning type picture and picture (PAP) and type of student team achievement divisions (STAD) with independence towards early childhood prosocial behavior in Gogorante Dharma Wanita Kindergarten and Ngasem Dharma Wanita Kindergarten, Ngasem District, Kediri Regency, in East Java Province. The experimental method used was factorial 2x2 designs. Data analysis used was two-way Anava. Sampling used was Multistage Random Sampling technique with a total sample of 48 children. The results showed that: 1) The early childhood prosocial behavior of children given STAD type of cooperative learning was greater than that of early childhood prosocial behavior in the group of children given PAP type. 2) Early childhood prosocial behavior that had high independence was greater than early childhood prosocial behavior in groups of children who had low independence. 3) There was an influence of interaction between cooperative learning and prosocial behavior that was affected by the independence of early childhood. 4) Early childhood prosocial behavior of children given PAP type of cooperative learning was higher than children given STAD type in groups of children who had high independence. 5) Early childhood prosocial behavior of children given PAP type of cooperative learning was higher than children given STAD type in groups of children who had low independence.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Yufiarti, M.Psi. ; 2). Prof. Dr. Ma'ruf Akbar, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2266 not found.
Date Deposited: 15 Apr 2020 13:48
Last Modified: 15 Apr 2020 13:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6157

Actions (login required)

View Item View Item