AULIYA NAIMAH, . (2025) PENGEMBANGAN BAHAN BELAJAR HYPERMEDIA PADA MATA PELAJARAN PROJEK ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) BAGI SISWA KELAS X SMK NEGERI 5 KOTA BEKASI. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER TESIS.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKAA.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
LAMPIRANN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Pengembangan Bahan Belajar Hypermedia Pada Mata Pelajaran Projek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Bagi Siswa Kelas X SMK Negeri 5 Kota Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Lee and Owen. Tahapan pengembangan yang dilalui meliputi tahap penilaian dan analisis (assessment/analysis) yang dibagi menjadi dua bagian yaitu penilaian kebutuhan (need assessment) dan analisis awal akhir (front-end analysis), tahap desain penyusunan jadwal, pembentukan tim, perancangan spesifikasi media dan struktur materi, serta pengendalian proses kerja. Tahap pengembangan produk yaitu menerjemahkan spesifikasi produk ke dalam wujud fisik. Tahap keempat adalah implementasi dan tahap implementasi melalui validasi ahli media dan ahli materi, dilanjutkan uji coba kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan belajar hypermedia pada mata pelajaran Projek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial dinyatakan sangat layak berdasarkan penilaian ahli (expert judgment), dengan persentase rata-rata kelayakan sebesar 91%. pada tahap uji coba kelompok kecil (small group evaluation), diperoleh skor rata-rata keseluruhan sebesar 82%, dan pada tahap uji coba lapangan (field testing) skor kelayakan mencapai 86%. Selain itu, hasil uji efektivitas yang dianalisis menggunakan metode N-Gain menunjukkan peningkatan hasil belajar peserta didik pada kategori tinggi, dengan nilai N-Gain rata-rata sebesar 0,81. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan belajar hypermedia pada mata pelajaran projek ilmu pengetahuan alam dan sosial yang dikembangkan dalam penelitian ini layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran jenjang SMK Kelas X. ***** This study aims to the development of hypermedia learning materials for natural andsocial science (IPAS) subject for students of grade X at SMK Negeri 5 Kota Bekasi. The method used in this study is the Lee and Owen model. The development stages include the assessment and analysis stage, which is divided into two parts needs assessment and front-end analysis; the design stage (scheduling, team formation, media specification and material structure design, and process control); The product development stage involves translating product specifications into physical form. The fourth stage is implementation, which involves validation by media experts and subject matter experts, followed by testing with students. The results of the study indicate that hypermedia-based learning of natural and social science subjects is considered highly feasible based on expert judgment, with an average feasibility percentage of 91%. In the small group evaluation stage, the overall average score was 82%, and in the field testing stage, the feasibility score reached 86%. Additionally, the effectiveness test results analyzed using the N-Gain method showed an increase in student learning outcomes in the high category, with an average N-Gain value of 0.81. Therefore, it can be concluded that the hypermedia-based science and social studies project-based learning developed in this study is feasible and effective for use in the learning process at the SMK Class X level.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1) Prof. Dr. Robinson Situmorang, M.Pd ; 2) Prof. Dr. Dwi Kusumawardani, M.Pd |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | AULIYA NAIMAH . |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 03:11 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 03:11 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61644 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |