ALYA PUTRI SUBAGYA, . (2025) MODEL MEDIA EVALUASI EDUCAPLAY DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (PENELITIAN PENGEMBANGAN DI MAN 2 KOTA BOGOR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (587kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media penilaian pembelajaran bahasa Arab menggunakan platform Educaplay untuk menilai keterampilan mendengarkan, menulis, dan penguasaan kosakata di MAN 2 Kota Bogor. Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi kurangnya keragaman alat penilaian yang digunakan dalam pengajaran bahasa Arab, serta untuk meningkatkan motivasi siswa dalam proses penilaian dengan membuatnya lebih menarik dan menyenangkan. Diharapkan pengembangan alat penilaian ini dapat memudahkan siswa memahami materi pelajaran dan meningkatkan antusiasme mereka untuk berpartisipasi dalam penilaian pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) melalui model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian dimulai dengan menganalisis kebutuhan siswa di MAN 2 Kota Bogor, kemudian merancang produk, mengembangkan produk penilaian berbasis Educaplay, mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran, dan mengevaluasi alat yang dikembangkan. Berdasarkan data penelitian yang diperoleh, peneliti dapat menyimpulkan bahwa hasil analisis kebutuhan siswa menunjukkan kurangnya variasi media evaluasi yang digunakan saat ini dan bahwa teknologi dapat mempermudah proses belajar bahasa Arab, sehingga siswa membutuhkan inovasi untuk membantu mereka termotivasi dalam belajar bahasa Arab melalui penilaian yang menarik dan menyenangkan. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan 33 siswa, 63% di antaranya merasa bahwa metode penilaian saat ini tidak menarik, sementara 93,9% siswa mengatakan bahwa mereka lebih termotivasi ketika penilaian dilakukan melalui permainan digital. Penilaian produk berdasarkan validasi yang dilakukan oleh para ahli. Hasil penilaian oleh para ahli menunjukkan bahwa metode ini masuk ke dalam kategori “sangat layak” dengan persentase 94% dari ahli materi dan 88% dari ahli media. Metode ini juga mendapatkan kategori “sangat layak” dengan persentase 89,54% dari hasil penilaian pengalaman dan respons siswa terhadap media tersebut. Oleh karena itu, media penilaian pembelajaran bahasa Arab menggunakan Educaplay yang dikembangkan dalam penelitian ini sangat cocok digunakan sebagai media penilaian interaktif dan menyenangkan dalam pembelajaran bahasa Arab. Kata Kunci: EduCaplay, Evaluasi Pembelajaran, Bahasa Arab, Media Interaktif ***** This study aims to develop an Arabic language learning assessment using the Educaplay platform to evaluate listening, writing, and vocabulary mastery skills at MAN 2 Bogor. The research was conducted to address the lack of variety in assessment tools used in Arabic language teaching and to increase students' motivation in the assessment process by making it more engaging and enjoyable. The development of this assessment tool is expected to help students better understand the learning material and increase their enthusiasm to participate in the assessment process. The research method used in this study is Research and Development (R&D) through the ADDIE model, which consists of five stages: analysis, design, development, implementation, and evaluation. The research began with a needs analysis of the students at MAN 2 Bogor, followed by product design, development of the Educaplay-based assessment tool, implementation in the learning process, and evaluation of the developed tool. Based on the research data obtained, the researcher concluded that the results of the students’ needs analysis indicate a lack of variety in the current assessment tools used, and that technology can facilitate the Arabic learning process. Therefore, students require innovative tools that can help motivate them through engaging and enjoyable assessments. According to the needs analysis of 33 students, 63% stated that the current assessment methods are unappealing, while 93.9% of students said they are more motivated when assessments are conducted through digital games. The product assessment was validated by experts. The results showed that the method falls into the “very appropriate” category with a percentage of 94% from the subject matter expert and 88% from the media expert. It also received a “very appropriate” rating of 89.54% based on trial evaluations and students’ responses to the media. Therefore, the Arabic language assessment media using Educaplay developed in this study is highly suitable to be used as an interactive and enjoyable assessment tool in Arabic language learning. Keywords: EduCaplay, Learning Evaluation, Arabic Language, Interactive Media
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Muhammad Kamal, M.A. 2). Dr. Siti Jubaidah, M.A. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Users 27776 not found. |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 01:15 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 01:15 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61668 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |