ANNISA SETYOWATI, . (2025) PEMBELAJARAN PRA-BRAILLE DI TKLB SLB A PEMBINA TINGKAT NASIONAL JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (719kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (462kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (756kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (847kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Layanan pendidikan khusus agar dapat mengikuti literasi Braille bergantung pada fondasi keterampilan yang diperoleh sejak dini. SLB A Pembina Tingkat Nasional Jakarta menyediakan pembelajaran pra-Braille. Berbeda dengan sekolah untuk siswa dengan hambatan penglihatan lainnya, SLB A Pembina Tingkat Nasional Jakarta merupakan satu dari sedikit sekolah yang menyelenggarakan pembelajaran pra-Braille sejak jenjang taman kanak-kanak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran pra-Braille di SLB A Pembina Tingkat Nasional Jakarta yang mencakup tujuan, strategi, pelaksanaan, evaluasi, dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Pendekatan kualitatif digunakan pada penelitian ini dengan teknik pengumpulan data dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pra-Braille terintegrasi pada mata pelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) yang menggunakan diferensiasi pembelajaran karena kemampuan siswa yang sangat beragam dengan mengutamakan aktivitas motorik auditori-verbal. Saat pelaksanaan, orang tua juga terlibat langsung dalam proses pembelajaran di kelas sebagai pendamping praktik dan peserta belajar dengan faktor penghambat berupa media pembelajaran yang kurang bervariasi dan adaptif sehingga membuat siswa mudah bosan saat praktik. ***** Special education services to support Braille literacy depend on the foundation of skills acquired from an early age. SLB A Pembina Tingkat Nasional Jakarta provides pre-Braille education. Unlike other schools for students with visual impairments, SLB A Pembina Tingkat Nasional Jakarta is one of the few schools that offers pre-Braille education starting from kindergarten. This study aims to describe pre-Braille education at SLB A Pembina Tingkat Nasional Jakarta, including its objectives, strategies, implementation, evaluation, and influencing factors. A qualitative approach was used in this study, with data collection techniques including observation, interviews, and documentation. The results of the study indicate that pre-Braille education is integrated into STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) subjects, which use differentiated learning due to the wide range of students' abilities, with an emphasis on auditory-verbal motor activities. During implementation, parents were directly involved in the learning process in the classroom as mentors during practice sessions, while learning participants faced challenges due to limited and non-adaptive learning materials, leading to students becoming bored during practice sessions.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Marja, M.Pd. ; 2). Dr. Lalan Erlani, M.Ed. |
Subjects: | Pendidikan > Evaluasi Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Pendidikan Khusus Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Annisa Setyowati . |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 00:51 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 00:51 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61772 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |